Satu Warga Serang Positif Covid-19

Ilustrasi virus corona. Foto Pixabay.

SERANG – Salah satu warga Kecamatan Serang, Kota Serang dinyatakan positif atau terpapar wabah Covid-19. Saat ini, pria berusia 42 tahun itu dirawat di RSUD Banten, setelah sebelumnya mendapatkan perawatan di RS Budi Asih Serang.

Jubir Gugus Tugas Covid-19 Kota Serang W Hari Pamungkas membenarkan jika salah satu warga Kota Serang dinyatakan positif berdasarkan hasil laboratorium. “Satu orang warga Kelurahan Unyur terkonfirmasi positif,” ujarnya, Rabu (8/4).

Kata Hari, yang bersangkutan tadinya mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Budi Asih Serang dengan status pasien dalam pengawasan (PDP). “Kondisi baik dan sedang dirawat di RSU Banten,” katanya.

Dengan temuan tersebut, kata Hari, Gugus Tugas melalui bidang kesehatan akan terus melakukan surveilans di wilayah tersebut guna memastikan ada tidaknya penyebaran Covid-19 di area. “Beberapa langkah yang akan dilakukan surveilans yakni melakukan tracing, pemeriksaan swab untuk kontak serumah dan kontak erat, serta melakukan rapid test untuk kontak lainnya dalam tracing,” katanya.

Kata dia, surveilans juga akan melakukan pengawasan dan pemantauan orang yang melakukan kontak. “Sekaligus melakukan tindakan pencegahan penyebaran, peran serta masyarakat untuk menjaga jarak fisik dan sosial sangat diutamakan,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinkes Kota Serang M Ikbal mengatakan, pihaknya memeroleh update data dari Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Banten tanggal 8 April 2020 pukul 18.00 WIB. “Betul jam 4 ada info terkini dari Dinkes Banten. Informasi dari RSUD Banten. Pasien umur 40 tahun warga Kota Serang,” katanya.

Kata Ikbal, pasien yang berprofeai sebagai buruh bangunan itu pada tanggal 25 Maret 2020 memeriksakan kesehatannya di Puskesmas Unyur. Kemudian, 27 Maret dirujuk ke Budi Asih 28 Maret dirujuk di RSUD Banten. “Sampai hari ini masih menjalani perawatan di RSUD Banten,” pungkasnya. (nna-fdr/air)