Sayur Organik Hijaukan RT 02 Cinanggung

0
664 views

SERANG – Penghijauan di RT 02 RW 03, Lingkungan Cinanggung, Kelurahan Kaligandu, Kecamatan Serang, ditingkatkan. Warga menggunakan berbagai jenis tanaman sayur. Botol plastik bekas dan barang bekas lain menjadi pot.

“Lingkungan kami fokusnya di penghijauan. Pengecatan juga dilakukan warga, tapi kami lebih mengutamakan penghijauan lingkungan. Tanaman yang kami manfaatkan paling banyak sayuran. Kalau bunga tidak terlalu (banyak-red). Untuk wadahnya, menggunakan barang-barang bekas seperti botol plastik, bungkus minyak goreng, dan lainnya,” jelas Ketua RT 02 Sahroni.

Persiapan menghadapi penilaian tahap dua Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020, menurutnya, penataan lingkungan sudah hampir 80 persen. “Yang belum tinggal tanaman merambat. Nanti segera dipasang (bambu untuk tanaman merambat-red),” ujar Sahroni.

Tanaman jenis sayur ditanam dan dirawat oleh warga tanpa menggunakan pupuk berbahan kimia. Antara lain, sawi, pakcoy, dan bayam.

Sejak awal memasuki lingkungan RT ini, di depan beberapa rumah dilengkapi rak panjang untuk meletakkan tanaman sayur. Rata-rata masih kecil. Di beberapa rumah warga lainnya, tanaman sayur ditanam dalam pot gantung.

Ketua RW 03 Haripan Sepono menambahkan, semua RT di Lingkungan Cinanggung akan melakukan penghijauan. Untuk itu, dia mengaku sudah mempersiapkan penghijauan dengan menambah jumlah bibit tanaman sayur, memesan wadah untuk pot, dan membeli tanah merah untuk media tanam.

“Saya sudah siapkan lebih dari seribu tanaman untuk lima RT yang ikut lomba kampung resik lan aman. Saat ini, masih penyemaian. Selain itu juga menunggu botol bekas dikirim dari pengepul sampah botol plastik yang saya kenal,” tuturnya. (rio/don)