SBY Beri Mandat Iti, Menangkan Demokrat di Banten

Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Banten Iti Octavia Jayabaya mengibarkan bendera pataka usai dilantik Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono pada pelantikan pengurus DPC Partai Demokrat Banten, di Alun-alun Barat Kota Serang, Kamis (19/4).

SERANG – Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono memberikan mandat kepada Iti Octavia Jayabaya sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Banten untuk mengamankan suara pada Pemilu 2019. Mandat disampaikan dalam acara pelantikan DPD dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat se-Provinsi Banten di Alun-alun Barat, Kota Serang, Kamis (19/4).

Acara yang dihadiri seluruh struktur partai dari semua tingkatan itu, selain dihadiri oleh mantan presiden Republik Indonesia ke-6, hadir Ketua Dewan Kehormatan Amir Syamsuddin, Sekretaris Jenderal Hinca Pandjaitan, Komandan Komando Tugas Bersama (Kogasma) Agus Harimurti Yudhoyono, Gubernur dan Wakil Gubernur Banten Wahidin Halim-Andika Hazrumy, dan tamu undangan lainnya.

Pria yang akrab disapa SBY itu tidak memberikan sambutan dan komentar kepada awak media yang meliput acara. Namun, SBY saat memberikan pataka kebesaran partai, mempercayakan Partai Demokrat di Banten ke Iti Octavia Jayabaya.

“Saya percayakan DPD Demokrat Banten untuk Ibu Iti Octavia Jayabaya,” ujarnya.

Selain itu, politikus yang memulai karirnya di militer itu meminta kepada seluruh kader agar bersiap menghadapi tahun politik untuk perhelatan Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu 2019. Iti diminta untuk membesarkan Partai Demokrat mengulang kembali masa kejayaan partai saat memenangkan Pemilu 2009.

“Pimpin dan besarkan partai Demokrat. Sukseskan perjuangan partai dan tingkatkan pengabdian Partai Demokrat kepada rakyat Banten,” katanya.

Sementara itu, Komandan Kogasma Agus Harimurti Yudhoyono dalam orasi politiknya menekankan, Banten sebagai wilayah yang memiliki populasi terbanyak keenam di Indonesia diharapkan bisa memenangkan perhelatan politik. “Tentu tugas utama kader mengembalikan semangat kemajuan Partai Demokrat,” katanya.

Kendati demikian, pria yang dikenal dengan sebutan AHY itu mensyaratkan tiga hal untuk mencapai target tersebut. Yakni, membangun soliditas atau kebersamaan untuk bersatu, artinya merapatkan barisan bergandengan tangan karena tantangan semakin berat ke depan. Kedua, kerja keras atau ikhtiar berjuang. Ketiga, turun ke lapangan karena memenangkan hati rakyat tidak hanya lewat orasi-orasi politik, tapi turun dan dekat dengan rakyat.

“Pak SBY sudah purna tapi masih mau turun menyerap aspirasi. Bukan sekadar untuk kekuasaan dan posisi semata tapi kita ingin berkontribusi untuk bangsa dan negara,” katanya.

“Ketika kita menang di masa lalu itu karena kerja keras, termasuk doa kepada Yang Maha Kuasa,” tambah AHY.

Selain itu, AHY mengaku, dalam kontestasi Pilkada Serentak 2018 secara nasional dirinya menargetkan 35 persen kemenangan baik dalam pilkada gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta walikota dan wakil walikota yang akan berlangsung Juni mendatang. “Secara nasional kita menargetkan 35 persen kemenangan,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Demokrat Banten Iti Octavia Jayabaya dalam orasi politiknya mengatakan, tahun 2018 dan 2019 penentuan bagi kemajuan partai berlambang bintang mercy itu. Dimulai dari tahun ini, harus memenangkan pilkada serentak, dan tahun 2019 dimana harus mengulang kembali kejayaan partai. “Kita harus memenangkan perhelatan politik,” katanya.

“Di Banten ada empat Kabupaten/Kota yang menggelar pilkada, kita optimistis bisa meraih kemenangan,” sambung Iti.

Iti berkeyakinan jika ikhtiar dilakukan secara bersama-sama dengan struktur partai dan kader, bukan tidak mungkin raihan kursi dalam Pemilu 2019 bisa dimenangkan. Ia pun menargetkan kemenangan dalam perhelatan lima tahunan tersebut sebagaimana menjadi pesan dari Ketua Umum Partai Demokrat. “Target kita menang di semua tingkatan. DPRD kabupaten/kota, DPRD provinsi, dan DPR RI,” pungkasnya.

Pantauan Radar Banten, kehadiran SBY dan rombongan di Hotel Le Dian Kota Serang sekira pukul 12.15 WIB. Tak lama berselang, SBY dan rombongan bertolak ke rumah dinas gubernur Banten untuk makan siang bersama. Sekira pukul 15.45 WIB, rombongan tiba di Alun-alun Barat. Sontak kedatangan mantan orang nomor satu di Indonesia itu mendapat sambutan hangat dengan yel-yel partai.

Komandan Kogasma AHY yang digadang-gadang sebagai the next leader itu menambah suasana kegembiraan seluruh kader yang ada dalam kegiatan sakral itu. Usai menghadiri acara tersebut, SBY langsung menuju hotel kembali. Rencananya, SBY akan berada di Banten dalam rangka SBY Tour de Banten selama sepekan ke depan. (Fauzan D/RBG)