SBY Keluhkan Beredarnya Berita Hoax

0
2.069 views
Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono (Imam Husein/Jawa Pos)

PRESIDEN keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengeluhkan beredarnya berita bohong atau hoax yang beredar media sosial yang memicu kegaduhan politik dan sosial.

Hal itu dikemukakan SBY lewat akun Twitter resmi miliknya. “Ya Allah, Tuhan YME. Negara kok jadi begini. Juru fitnah & penyebar “hoax” berkuasa dan merajalela. Kapan rakyat dan yang lemah menang? *SBY*” tulis SBY dalam akun Twitter resmi miliknya @SBYudhoyono, Jumat (20/1).

Padahal di era pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla (Jokowi-JK) telah berusaha menangkal ada berita hoax dengan UU ITE dan akan membentuk Badan Cyber Nasional.

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menegaskan, Badan Cyber Nasional itu dibentuk untuk menangkal adanya berita bohong atau hoax di media sosial yang saat ini sedang marak dan sangat meresahkan.

Wiranto menyebutkan, berita hoax harus segera ditangkal atau diredam karena berpotensi mengancam kedaulatan bangsa. Masyarakat bisa termakan segala bentuk informasi yang belum teruji kebenarannya. (cr2/JPG)