SD Alquran di Puloampel Lahir dari Pengajian Majelis Taklim

SERANG – Asda II Pemkab Serang Adjat Gunawan melakukan peletakan batu pertama pembangunan SD Alquran Amirul Mukminin di Ragas, Desa Margasari, Kecamatan Puloampel, Kabupaten Serang. SD Alquran ini lahir dari pengajian ibu-ibu majelis taklim yang semangat berkarya dengan sedekah jariyah.

Hadir dalam acara anggota DPRD Banten Gembong R Sumedi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang Asep Nugrahajaya, dan sejumlah tokoh masyarakat.

Kepala Dindikbud Kabupaten Serang, Asep Nugrahajaya mengapresiasi insiatif warga yang swadaya membantu pemda mencerdaskan kehidupan bangsa mulai dari pendidikan dasar. Asep memastikan, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah akan membantu prakarsa Yayasan Pesantren Madinatul Maarif untuk mendirikan SD Alquran ini.

Ketua Pengurus Yayasan Madinatul Maarif, Dr Fadlullah mengatakan, gagasan pembangunan SD Alquran lahir dari pengajian ibu-ibu majelis taklim Al Aminah yang semangat berkarya dengan sedekah jariyah sesuai kesanggupan. SD Alquran merupakan pengembangan fungsi edukatif Masjid Al Yaqien di lingkungan Yayasan Pesantren Madinatul Maarif, Ragas Grenyang.

Tokoh masyarakat Sanwani menyoroti urgensi Alquran sebagai inspirasi Serang Bertakwa. “Kita maklumi Alquran bagi umat Islam adalah bacaan pertama dan utama dalam masyarakat Islam. Alquran merupakan inti kurikulum pendidikan Muhammad SAW bagi sahabat dan umat Beliau,” katanya.

Tokoh Masyarakat lainnya, KH Mansyur Muhyiddin mendukung visi pendidikan SD Aquran yang menyiapkan kader pemimpin bangsa dengan kemampuan berpikir kritis dan kreatif, serta bertindak kolaboratif dengan semangat wirausaha dan korporasi. Dalam kurikulumnya, kekhasan SD Alquran ini mengajarkan isi kandungan Alquran dan membaca ayat-ayat Allah yang terbentang luas sebagai peluang mewujudkan visi Islam rahmatan lil ‘alamin. “Lulusan SD Alquran diharapkan menjadi pelopor tangguh yang terpaut hati dengan masjid dan peduli kepada umat,” harapnya. (alt-jek/zai)