SD Negeri Julang Ikut Lomba PBLHS 2020

0
919 views

SERANG – SD Negeri Julang, Desa Julang, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang, mengikuti penilaian Gerakan Peduli Berbudaya Lingkungan Hidup Sekolah (PBLHS) atau Adiwiyata tingkat kabupaten, Kamis (27/8/2020).

Penilaian PBLHS meliputi beberapa komponen. Antara lain kebersihan lingkungan, konservasi air, konservasi energi, pemeliharaan tanaman, penanaman pohon, pemeliharaan drainase, dan sebagainya.

Kepala SD Negeri Julang Munawaroh, S.Pd mengatakan, senang sekolahnya ditunjuk untuk mengikuti penilaian PBLHS ini. “Kami senang, mudah mudahan ini menjadi motivasi bagi kami,” katanya kepada Radar Banten.

Diakui Munawaroh, di sekolah yang dipimpinnya budaya dan perilaku kebersihan di lingkungan sekolah sudah berlangsung lama. Hal itu ditanamkan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan sekolah. “Hal itu sesuai dengan visi misi kami,” ujarnya.

Sementara koordinator dewan juri Rianto Haryadi mengatakan, SD Negeri Julang sudah memenuhi persyaratan sebagai sekolah adiwiyata. “Banyak indikator penilaian yang sudah terpenuhi,” ujarnya.

Di tempat yang sama Kasi Kurikulum dan Penilaian bidang SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Serang Dedi Mawardi mengatakan, penilaian adiwiyata ini baik karena membentuk siswa peduli terhadap lingkungan. “Walaupun gerakan cinta lingkungan PBLHS ini tanamkan di sekolah tapi semoga aplikasinya sampai ke lingkungan tempat siswa itu tinggal menjadi budaya cinta lingkungan,”, katanya.

Penilaian PBLHS tingkat kabupaten ini dilakukan oleh dewan juri yang dibentuk Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Serang. Mereka adalah Rianto Haryadi (DLH), Dedi Mawardi (Disdikbud), Ade Prayasta (LSM Rekonvasi Bhumi), Titin Perihatini (Kemenag), dan Asikin (DLH). (alt)