Seba Baduy Mengembalikan Kesakralan Ritus

0
1692

Seminar Sejarah Banten

SERANG – Di masa pandemi Covid-19, Seba Baduy tetap dilaksanakan meskipun dengan jumlah peserta terbatas. Dalam waktu dekat, Seba Baduy yang merupakan salah satu upacara adat masyarakat Baduy akan kembali dilaksanakan baik ke Bupati Lebak, Bupati Pandeglang, Bupati Serang, dan Gubernur Banten.

Pemerhati masyarakat suku Baduy Uday Suhada mengatakan, tahun lalu, masyarakat Baduy tetap melaksanakan seba dengan jumlah yang terbatas. “Meskipun tidak diterima oleh kepala daerah, tidak apa, yang penting mendapatkan mandat mewakili pemerintahan daerah. Tapi mereka harus tetap melaksanakan,” ujar Uday saat seminar sejarah Banten dengan tema ‘Seba Baduy Mengembalikan Kesakralan Ritus Masyarakat Baduy’ yang dilaksanakan secara virtual oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten, Rabu (10/3).

Kata dia, selain ke Pemprov Banten, ada tiga daerah yang harus dikunjungi dalam seba yakni Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, dan Kabupaten Serang. Ketiganya harus dikunjungi lantaran memiliki pegunungan. Sedangkan masyarakat adat Baduy itu dalam sebanya bertugas mengingatkan para pemimpin untuk menjaga alam, hutan, dan gunung.

Uday mengatakan, seba harus tetap dilaksanakan meskipun saat ini pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Seba adalah ritual untuk menjaga ikatan silahturahmi antara masyarakat adat Kanekes dengan pemerintah. “Versi masyarakat Kanekes, seba itu rangkaian ritual dari tugas hidup mereka,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lebak Wawan Sukmara mengatakan, sebagai upaya melindungi kebudayaan yang ada di Lebak, pihaknya sudah memiliki beberapa regulasi. Dalam Seba Baduy, Pemkab Lebak memanfaatkannya untuk ikut membangun karakter bangsa, meningkatkan ketahanan budaya, dan mendorong kesejahteraan masyarakat. “Kami tetap menjaga nilai kesakralan seba itu,” tuturnya.

Kata dia, tahun lalu Seba Baduy tetap dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Tahun ini, Pemkab Lebak akan menerima dengan sepenuh hati rombongan seba masyarakat Baduy. Pemkab Lebak juga memfasilitasi Seba Baduy yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari budaya Kabupaten Lebak. (*)