Tempat penukaran uang asing di Pasar Lama, Kota Serang.

SERANG – Sebelum berangkat menunaikan ibadah haji, salah satu hal yang dipersiapkan yaitu uang Riyal untuk bertransaksi di Arab Saudi. Mayoritas jamaah calon haji, mereka mempersiapkannya sebelum berangkat ke Tanah Suci.

Hal itu seperti diungkapkan Yudi, pedagang valuta asing di Pasar Lama, Kota Serang. Meski nilai tukar Riyal sedang tinggi, tidak menjadi persoalan bagi jamaah calon haji. “Karena butuh. Sekarang nilai tukarnya naik. Pekan lalu 1 Riyal itu 3.600 rupiah, sekarang sudah 3.800 rupiah,” kata Yudi.

Menurutnya, jamaah calon haji mempersiapkan Riyal sesuai kebutuhan di Tanah Suci, seperti untuk belanja dan bersedekah. Mereka tidak sekadar tukar, juga mempersiapkan hingga pecahan Riyal yang dibutuhkan.  “Rata-rata menukarkan rupiah dengan pecahan 1 Riyal, 10 Riyal, dan 20 Riyal. Sementara ini paling besar tukar (beli) 1.000 Riyal,” ujarnya.

Ia mengaku menjelang keberangkatan jamaah haji, penjualan Riyal meningkat. “Setiap tahun meningkat, diikuti dengan jumlah calhaj yang berangkat,” tuturnya. (Wirda)