Sedang Diet? 6 Makanan ini Bikin Anda Tak Cepat Lapar

0
772 views

JIKA Anda sedang menjalani diet tentu harus hati-hati dalam memilih makanan. Yang Anda butuhkan adalah makanan yang bisa bikin kenyang lebih lama.

Tidak sulit mencarinya, karena makanan jenis ini banyak ditemukan di sekitar Anda.

Inilah makanan yang bisa dikonsumsi agar Anda kenyang lebih lama, sehingga tidak mudah lapar seperti dilansir dari Klikdokter.com:

1. Sayuran hijau.

Sayuran hijau mengandung serat tinggi. Menambahkan 1/3 porsi sayuran tersebut dalam menu makan Anda bisa memberikan efek kenyang lebih lama dan tidak mudah lapar.

Tidak hanya itu, sayuran hijau juga kaya akan vitamin, mineral, serta zat besi, sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh secara umum dan mencegah Anda terserang anemia. Kangkung, bayam, dan daun singkong adalah beberapa contoh sayuran hijau.

2. Alpukat.

Alpukat adalah buah yang mengandung serat tinggi, protein dan lemak tak jenuh, yang sangat baik bagi kesehatan. Seluruh kandungan zat makanan pada buah yang lezat ini membuat perut kenyang lebih lama. Alpukat baik dikonsumsi di pagi hari, sebagai pelengkap sarapan Anda.

3. Telur.

Selain harganya terjangkau, telur juga kaya kandungan gizi. Tak hanya itu, menurut International Journal of Obesity, konsumsi dua butir telur saat sarapan membuat Anda merasa tidak mudah lapar hingga siang hari. Ini karena telur bisa menekan kerja hormon ghlerin –hormon yang menstimulasi rasa lapar di otak.

4. Apel.

Apel tinggi akan kandungan pectin –zat yang melapisi dan memberikan struktur pada dinding sel buah. Pectin juga sering disebut sebagai fruit fiber atau serat pada buah.

Pectin bisa memperlambat proses pencernaan, sehingga membuat Anda kenyang lebih lama. Apel sangat baik dikonsumsi bersama kulitnya. Ini karena berbagai kandungan serat dan gizi lainnya banyak terdapat pada bagian tersebut.

5. Kacang-kacangan.

Kacang kedelai, kacang polong, ataupun kacang-kacangan jenis lainnya mengandung tinggi serat dan protein. Karena itu, makanan yang satu ini bisa membuat kenyang lebih lama.

Selain itu, kacang-kacangan dan produk turunannya juga kaya akan berbagai vitamin. Kacang juga merupakan sumber anti oksidan yang sangat baik untuk regenerasi sel dan menjaga kesehatan jantung.

6. Brokoli.

Brokoli memiliki kandungan vitamin, mineral dan kalsium, serta tinggi serat. Kandungan vitamin A, B, C dan K dalam brokoli sangat baik untuk memenuhi kebutuhan asupan vitamin harian Anda.

Kandungan mineral dan kalsium sangat baik untuk mencegah osteoporosis. Dan kandungan seratnya membuat Anda tidak mudah lapar. (NB/RH/chi/JPNN)