Sedikit Lagi Persiapan Warga Jalumprit Rampung

WARINGINKURUNG – Persiapan warga RW 01, Kampung Jalumprit, Desa Waringinkurung, Kecamatan Waringinkurung, dalam menata kampungnya, tidak banyak lagi. Secara bertahap, secara swadaya, mereka mempersiapkan kampungnya mengikuti Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019.

Ketua RW 01, Kampung Jalumprit, Hamid Bakri menyatakan, beberapa rencana penataan kampung ada yang sudah dilaksanakan. Yakni, penyediaan bak sampah di setiap rumah warga Jalumprit. Sementara, penghijauan dan perbaikan saluran drainase masih berjalan.

“Di beberapa tempat, saluran drainase akan dibersihkan agar airnya lancar. Kami juga mengimbau warga untuk rajin membersihkan halaman rumah masing-masing,” ujarnya kepada Radar Banten, Selasa (10/9).

Untuk ronda malam, menurut Hamid, sudah dilaksanakan oleh warga sesuai jadwal. Warga mendapat giliran sekali dalam sepekan.

Pengamanan lingkungan Jalumprit juga dibantu oleh dua anggota perlindungan masyarakat (linmas).  

“Setiap pukul 22.00 WIB, petugas linmas akan berkeliling untuk menutup empat dari lima portal di kampung kami. Sehingga, keluar-masuk warga akan terpantau,” terang Hamid.

Pj Kepala Desa Waringinkurung Suhadi Wijaya membenarkan, penataan lingkungan Jalumprit difokuskan pada saluran drainase secara bertahap. Itu dilakukan agar ketika musim hujan, tidak menyebabkan banjir.

“Warga juga akan kita dorong menanam jenis tanaman bermanfaat untuk kebutuhan hidup sehari-hari,” ungkap Suhadi. (rio/ang/don/ira)