Segera, Cowe Kigede Bentuk Kelompok Sadar Hukum

0
556 views

TAKTAKANWarga Lingkungan Cowe Kigede, RT 01 RW 02, Kelurahan Sepang, Kecamatan Taktakan, menyatakan kesiapannya membentuk kelompok pemuda sadar hukum. Pemuda yang rajin ronda malam lah sasarannya.

Pembentukan kelompok pemuda sadar hukum ini, kata Ketua RT 01 RW 02, Lingkungan Cowe Kigede, Sarmadi, untuk memenuhi semua kategori Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020. “Saya sudah koordinasikan dengan Pak Lurah Sepang Heruji untuk membentuk kelompok sadar hukum,” katanya kepada Radar Banten, Minggu (29/3).

Dasar pemilihan pemuda yang aktif ronda malam, menurut Sarmadi, karena sedikit banyak telah menyadari soal pengamanan lingkungan. Para pemuda di perkampungan ini rutin melaksanakan kegiatan siskamlingbersama bapak-bapak. Dari hari Senin-Kamis, ronda malam dilaksanakan oleh bapak-bapak. Hari Jumat-Minggu, giliran pemuda RT 01 RW 02, Lingkungan Cowe Kigede.

Rencananya, anggota kelompok pemuda sadar hukum di RT 01 RW 02, Lingkungan Cowe Kigede, akan dijalankan oleh 15 pemuda. Pengurus RT akan menggelar rapat bersama warga untuk pembentukannya. “Kita tentukan siapa ketua dan seksi-seksinya,” ujar Sarmadi.  

Menurut Sarmadi, warga di lingkungannya selalu semangat ketika diajak gotong royong membersihkan lingkungan. Karena, notabene warganya berprofesi sebagai petani. Jadi, punya banyak waktu luang. “Biasanya, lelakinya kerja bakti. Ibu-ibunya menyiapkan makanan,” jelasnya.

RT 01 rw 02, Lingkungan Cowe Kigede,yang dihuni oleh 70 jiwa dari 50 kepala keluarga, kata Sarmadi, juga berencana membuat pagar untuk jalan sepanjang 200 meter. Serta, membuat hiasan pot bunga dari ban bekas. “Kita juga bakal bikin ruang terbuka hijau,” katanya.

Sarmadi mengatakan, wilayahnya yang menjadi gerbang jalan menuju Lingkungan Cowe, menjadi pendukung untuk kesempurnaan penataan di Lingkungan Cowe yang akan dijadikan kampung wisata. “Tapi, penataannya tetap maksimal,” ujarnya.

Sarmadi optimistis, RT 01 RW 02, Lingkungan Cowe Kigede, mampu memberikan hasil terbaik dan bisa meraih poin tertinggi untuk kriteria keamanan lingkungan LRLA Kota Serang 2020. “Pasti juara. Selain indah dan bersih, kita juga jamin, lingkungannya aman,” tandasnya.

Salah satu tokoh masyarakat Lingkungan Cowe Kigede, H Nuraliman, menambahkan bahwa keamanan di lingkungannya cukup terjaga karena anggota bhabinkamtibmas dari Polsek Taktakan rutin melakukan sosialisasi pencegahan narkoba. Makanya, warga sudah paham dan menghindari barang haram tersebut.

“Insya Allah, enggak ada kasus KDRT (kekerasan dalam rumah tangga-red) dan narkob. Di sini mah aman. Warganya juga harmonis,” tegas Nuraliman. (mg06/don)