SERANG – Sepeda Jelajah Wisata Banten (Sejabat) akan kembali hadir dan digelar pada 31 Agustus mendatang. Kali ini adalah pelaksanaan atau seri yang kedelapan. Karena bertepatan dengan bulan Agustus, yang merupakan bulan kemerdekaan, maka diberi nama Sejabat Merdeka.

Sejabat merupakan gagasan Korem 064/Maulana Yusuf, Polda Banten, Radar Banten, dan klub gowes Trek Gunung Pinang (TGP). Dilaksanakan pertama kali pada 2013. Sejabat pertama dilaksanakan di Kabupaten Lebak, dengan rute objek wisata Pantai Bagedur-Sawarna. Lalu, Sejabat berikutnya dilaksanakan di Serang, Pandeglang, Cilegon, Lebak dan kembali ke Serang.

Tujuan diadakannya Sejabat untuk memperkenalkan objek-objek wisata sport di Banten. Sehingga, para penghobi gowes luar daerah tertarik untuk datang ke Banten. Baik secara mandiri atau bersama klub-klub gowesnya.

Rencana awal, Sejabat dilaksanakan setiap triwulan sekali. Namun karena kesibukan masing-masing, selama enam tahun baru dilaksanakan sebanyak tujuh kali. Sementara antusiasme penggowes sepeda di Banten untuk mengikuti event-event skala menengah (tidak ringan, tapi juga tidak berat) begitu tinggi.

Maka, memanfaatkan momen Agustus ini, Radar Banten, Korem 064/Maulana Yusuf, dan Polda Banten akan kembali ‘menghidupkan’ Sejabat yang sempat redup.

Gayung pun bersambut. Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir dan Danrem 064/Maulana Yusuf, Kol Inf Windiyatno langsung menyatakan dukungan dan memberikan sumbang sarannya agar pelaksanaan Sejabat tidak hanya melulu gowes. Tapi, ada nilai atau tindakan yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan.

Kapolda pun langsung menunjuk Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Wibowo untuk menyukseskan acara Sejabat ini. Kemudian juga meminta Dirkrimsus dan Dirbimas untuk menyiapkan logistik berupa snack dan air mineral sejumlah yang diperlukan. Serta keperluan lainnya agar Sejabat berjalan lancar dan sukses.

Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir

“Catat ya Pak Dirkrimsus dan Pak Dirbimas, keperluannya apa? Snack berapa? Air mineral berapa?” pinta Kapolda di sela-sela pembahasan dengan Radar Banten terkait pelaksanaan Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang di ruang kerjanya, Rabu (3/7).  

Jenderal bintang dua yang pernah bertugas di Surabaya itu menyarankan agar komunitas-komunitas lain seperti  sepeda ontel, komunitas vespa, atau komunitas motor, jika memungkinkan, ikut mengiringi Sejabat agar berjalan meriah dan dapat melaksanakan aksi sosial. Jika memungkinan juga ditampilkan budaya-budaya lokal yang sesuai semangat Keraton Surosowan.    

Sementara itu, Danrem 064/MY Kol Inf Windiyatno langsung menyatakan setuju. Termasuk startnya dari Makorem. “Oke. Keperluannya apa, saya siapkan. Sarapan yang ringan-ringan, bubur, saya siapkan,” kata pria berperawakan sedang itu dengan santai dan penuh keakraban.

Danrem 064/MY Kol Inf Windiyatno

Danrem yang pernah bertugas di Tasikmalaya selama dua tahun itu pun bakal menyiapkan peralatan kebersihan untuk mendukung aksi bebersih yang akan dilakukan para penggowes begitu sampai di kawasan Keraton Surosowan, Banten Lama. Korem bakal menyiapkan sapu dan kantong plastik.

Ya, Sejabat Merdeka kali ini akan melewati objek wisata religi Kawasan Keraton Surosowan. Di lokasi ini, ratusan penggowes bakal mengadakan aksi bebersih sebagai simbol agar masyarakat umum dan sekitar kawasan menjaga keberadaan Keraton Surosowan tetap asri, nyaman, bersih, dan indah.

Berbagai klub gowes di Banten  langsung merespons begitu mengetahui Sejabat bakal kembali digelar. Kang Ola (SCAM), Kang Darman (SCAM dan Gagas), dan Mbah Kamil langsung menelepon dan kirim WA sebagai tanda dukungannya.   

Adapun jarak tempuh Sejabat Merdeka ini sekira 65 kilometer, dengan rute selengkapnya sebagai berikut: start Makorem 064/MY-Keraton Surosowan-Tasikardi-Alun-alun Kramatwatu-Waringinkurung-Rawa Dano-Gunungsari-Pabuaran-Palima-KP3B-dan finis di Mapolda Banten, Jalan Syekh Nawawi Albantani. (wid/alt/ira)