‘Sejabat New Normal’: Pakai Protokol Kesehatan, Siap Digelar 4 Juli

0
659 views

SEPEDA Jelajah Wisata Banten (Sejabat) seri-9 akan direschedule pada Sabtu, 4 Juli 2020. Rencana awal, Sejabat digelar pada Sabtu, 11 April 2020 terpaksa ditunda lantaran adanya wabah virus Covid-19.

Penyelenggaraan Sejabat seri-9 ini akan mengacu kepada protokol New Normal dalam penanganan Covid-19. Namun, tanggalnya masih tentatif. Kalau situasinya sudah memungkinkan akan tetap digelar pada 4 Juli. Namun bila sebaliknya, bisa dimundurkan lagi. “Panitia akan terus memantau perkembangan situasi dan akan melakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan penyelenggaraan Sejabat seri-9 sesuai protokol kenormalan baru,” kata Ketua Panitia M Widodo, Senin (15/6).

Caranya, panitia akan mensyaratkan kepada peserta untuk mematuhi dan mengikuti aturan protokol kesehatan penangganan Covid-19. Panitia juga membatasi peserta dan menghimbau untuk tetap menjaga jarak.

Sejabat merupakan gagasan Polda Banten, Korem 064/Maulana Yusuf, Radar Banten, dan Trek Gunung Pinang (TGP). Selama penyelenggaraan yang sudah berjalan 8 kali, Sejabat menempuh jarak di kisaran 50 – 59 Kilometer. Wajar bila Sejabat termasuk dalam kategori medium. Artinya, trek nya tidak berat. Tetapi juga tidak ringan.

Penyelenggaraan Sejabat seri 9 tahun 2020 ini sekaligus untuk memperingati Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke 74. “Dan seperti tahun-tahun sebelumnya, panitia berharap Pak Kapolda dan Pak Danrem untuk ikut serta sekaligus melepas peserta,” harap Widodo.

Adapun rute Sejabat seri 9, tetap seperti rute yang sudah dirilis sebelumnya. Yakni Graha Pena – Citraland Puri – Sepang – Gelam – Pemakaman China- Sayar – Bojong – Gunungsari – Perempatan SMPN 1 Pabuaran – Pasar Ciomas – Simpang Sanepa – Kafe Mewah – Simpang Paleuh – Bendungan Sindang Heula – Tembong – Samsat Lama – Dalung – Graha Asri – Graha Pena. Dengan panjang rute 55 kilometer.

Terkait animo calon peserta, Widodo menegaskan panitia tidak akan membuka pendaftaran lagi. Peserta yang ada sudah dianggap cukup memadai disesuaikan dengan protokol kesehatan Covid-19.

Dalam setiap penyelenggaraan Sejabat, panitia selalu menggandeng Klub SCAM (Serang Cilegon Anyer Merak) Facebiker, yakni unifikasi klub-klub gowes di daerah ini. Baik dalam teknis penyelenggaraan maupun kepesertaan. (*)