Sejumlah Orangtua Murid Belum Paham dengan Sistem PPDB Online

PPDB Online

SERANG –  Sejak diberlakukan sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Serang sejak 24 Juni lalu. Sejumlah orangtua murid yang mendaftarkan anaknya ke SMP di Kota Serang masih kebingungan dan ragu. Pasalnya, orangtua murid banyak yang datang langsung ke sekolah untuk mendaftarkan anaknya.

Hal itu dikatakan, Muhamad Ai, Ketua Panitia PPDB online SMPN 1 Kota Serang, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (27/6). “Memang bagus upaya pemerintah dalam meningkatkan pelayanan masyarakat dalam hal pendidikan termasuk pendaftaran online, tapi hingga saat ini banyak orangtua murid juga yang belum paham dan masih ragu dengan proses online tersebut,” ujarnya.

Muhamad menjelaskan, ada puluhan wali murid yang mengeluhkan seperti kesulitan saat mengisi formulir pendaftaran, kemudian administrasi dan lainnya. Banyak orangtua murid yang datang langsung ke sekolah-sekolah. Mereka datang untuk memastikan bahwa anaknya sudah melakukan pendaftaran di sekolah terkait. “Semestinya kan kalau sudah mendaftar secara online, mereka tak perlu datang ke sekolah lagi. Tapi sejauh ini masih ada saja puluhan wali murid yang masih ragu dan khawatir. Kebanyakan orang tua murid menanyakan kepastian anaknya terdaftar atau belum,” katanya.

Fauziah, salah seorang wali murid dari salah satu SD di Kota Serang, mengaku kesulitan dengan teknis sistem online yang dilakukan oleh beberapa SMP di Kota Serang. Sebab para orangtua murid masih belum mengerti dengan proses pendaftaran online. “Memang sih tujuannya mempercepat dan mempermudah, tapi kenyataannya saya dan orangtua murid lainnya mengalami keraguan. Sebab saya khawatir takut tidak terdaftar di sekolah tersebut. Makanya saya harus dua kali kerja, daftar online dan juga datang ke sekolah juga. Agak ribet. Saya kira harus dievaluasi lagi sistem online ini,” ucapnya. (AdeF)