Sejumlah Titik di Ruas Jalan Palka Tertimbun Longsor

Palka longsor

SERANG – Sejumlah titik di ruas jalan Palima-Cinangka (Palka) tertimbun longsoran tanah. Longsor tersebut terjadi setelah kemarin daerah tersebut diguyur hujan deras selama beberapa jam. Longsor tersebut setidaknya terjadi di dua titik, yaitu di Kampung Cikutu, Desa Rancasanggal, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang dan di Kampung Cikurai, Desa Rancasanggal, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang.

Menurut keterangan salah satu warga, Hikmatullah, puing-puing yang terdiri dari tanah, bongkahan kayu dan batu menutupi jalan yang biasa digunakan masyarakat baik yang menuju Kota Serang maupun sebaliknya.

Longsoran yang menutupi jalan paling parah menurut Hikmat terjadi di Cikutu, Desa Rancasanggal, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, seluruh badan jalan tertutup oleh tanah liat dan bongkahan kayu. “Tapi beruntung mobil masih bisa lewat, karena ada beberapa warga juga yang sudah melakukan tindakan awal dengan cara swadaya,” papar Hikmat, Senin (25/7).

Kendati masih bisa dilewati kendaraan, namun tetap pengguna jalan harus hati-hati mengingat tanah liat basah bisa menyebabkan ban kendaraan tergelincir, selain itu, material batu pun membuat jalan menjadi tidak rata sehingga berisiko menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Hingga berita ini diturunkan, Radar Banten Online belum berhasil menghubungi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang, nomor kontak Kepala BPBD Kabupaten Serang, Sukmana, berada di luar jangkauan. (Bayu)