Sekda Definitif di Tangan Helldy

0
2.171 views

CILEGON – Gubernur Banten Wahidin Halim memperpanjang masa jabatan Maman Mauludin sebagai Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cilegon.

Seharusnya, per 1 Januari lalu, Maman harus menanggalkan posisi sekda mengingat masa jabatan selama tiga bulan telah selesai.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten, Komarudin menjelaskan, Gubernur Banten Wahidin Halim lebih memilih Maman untuk melanjutkan jabatan tersebut demi efektivitas penyelenggaraan pemerintahan di Kota Cilegon. “Karena dalam waktu dekat walikota baru dilantik,” ujar Komarudin saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon seluler oleh Radar Banten, Kamis (7/1).

Menurutnya, setelah walikota terpilih Helldy Agustian dilantik, kemungkinan Maman tidak akan kembali menjabat sebagai penjabat Sekda Kota Cilegon. Ini lantaran, Helldy bisa mengajukan pelantikan Sekda kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Tidak harus menunggu enam bulan usai dilantik, kalau sudah dapat izin bisa melantik (Sekda definitif),” ujar Komarudin.

Terkait siapa yang akan dilantik sebagai Sekda Kota Cilegon definitif, menurut Komarudin, Helldy Agustian bisa memutuskan untuk melantik orang yang telah dipilih oleh Walikota Cilegon Edi Ariadi.

Tapi, Helldy pun bisa memilih peserta lelang jabatan lain yang masuk ke dalam tiga besar sebagai Sekda definitif. Artinya, keputusan Sekda definitif ada di tangan Helldy selaku pemimpin baru Kota Cilegon.

“Yang kemarin sudah diajukan untuk dilakukan pelantikan, karena belum ada persetujuan dari Kemendagri belum bisa dilantik, nanti Walikota yang baru bisa mengajukan nama baru,” ujarnya.

Diketahui, berdasarkan hasil lelang jabatan Sekda Kota Cilegon, dari informasi yang dihimpun terdapat tiga besar yang telah ditetapkan panitia seleksi Sekda Kota Cilegon. Di antaranya Maman Mauludin, Dana Sujaksani yang saat ini menjabat Asda III Kota Cilegon dan Mahmudin yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Cilegon. (bam/air)