Sekda: Jangan Percaya Calo CASN

Tubagus Entus Mahmud Sahiri

SERANG – Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri mengimbau kepada masyarakat untuk tidak percaya pada calo di pendaftaran calon aparatur sipil negara (CASN). Kata dia, seleksi pendaftaran CASN dilakukan dengan sistem online.

Entus meminta masyarakat untuk tidak menanggapi jika ada oknum yang menjanjikan lolos seleksi CASN. Menurutnya, hal itu sudah masuk dalam ranah penipuan. “Kalau ada isu-isu ada pihak yang bisa membantu meluluskan CASN, jangan ditanggapi. Itu bohong,” tegasnya kepada wartawan di halaman Pemkab Serang, Senin (11/11).

Entus memastikan pelaksanaan seleksi CASN berjalan dengan menggunakan sistem. Karena itu, tidak ada pungutan biaya pada proses seleksi tersebut. “Mana mungkin ada orang yang bisa membantu meluluskan dengan sistem komputer ini. Begitu ujian, hari itu juga, jam itu juga, akan diumumkan,” ujarnya.

Entus berharap, pelaksanaan seleksi CASN dapat berjalan dengan lancar. Pihaknya akan menyelenggarakan tes secara mandiri. “Tentu kita berharap dapat berjalan seperti tahun kemarin, tanpa ada kendala,” ucapnya.

Kepala Bidang Administrasi Kepegawaian pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Serang Mujiyati Erianis mengatakan, pelaksanaan seleksi CASN akan dilakukan pada Februari 2020 di Hotel Puri Kayana, Kota Serang. “Kalau di Banten semuanya mandiri,” katanya.

Ia mengatakan, Pemkab Serang akan memfasilitasi peralatan untuk pelaksanaan tes. Kemudian, tenaga pengawasnya langsung dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). “Tahun kemarin kita dapat penghargaan pelaksanaan seleksi CASN secara mandiri yang terbaik,” ujarnya.

Ia juga menegaskan seleksi CASN berjalan dengan sistem komputerisasi. Artinya, tidak ada jual beli kursi CASN. “Tidak ada orang dalam, semuanya dilakukan dengan sistem,” ucapnya. (jek/zee/ags)