Sekda Pandeglang Ajak Masyarakat Jaga Kerukunan

PANDEGLANG – Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Pandeglang mengajak kepada semua lapisan masyarakat untuk terus menjaga kerukunan antar umat beragama.

Sikap itu kata dia, penting dilakukan agar suasana aman di Pandeglang tetap terjaga.

Menurut Pery, para tokoh agama memiliki peran penting dalam menjaga keamanan dan kenyamanan di semua wilayah di Pandeglang. Oleh karena itu, kata dia, kerukunan antar umat beragama harus terus dijaga dengan baik.

“Semua masyarakat dari berbagai agama harus terus menjaga kerukunan, agar Kabupaten Pandeglang tetap menjadi daerah yang aman dan kondusif,” katanya di acara sosialisasi dan dialog kerukunan umat beragama di salah satu hotel di Pandeglang, Sabtu (30/11).

Pery mengatakan, kerukunan antar umat beragama dan keamanan wilayah tidak akan terwujud apabila kerukunan masyarakat tidak dijaga. “Kerukunan umat beragama di Kabupaten Pandeglang sudah terjaga dengan baik dan kondusif. Keanekaragaman suku, budaya, bahasa, ras serta agama merupakan anugerah dari Sang Pencipta, tinggal bagaimana kita menjaga kerukunan beragama ini agar tetap utuh terjaga yaitu dengan cara saling menghargai dan menghormati kerukunan antar umat beragama,” katanya.

Pery menyarankan kepada semua tokoh agama agar terus menjaga tali silaturahim agar rasa saling menghormati antar penganut agama bisa terjaga dengan baik, tidak mudah diadu domba oleh oknum yang memiliki kepentingan. “Kita harus terus mempererat tali silaturahmi antar umat beragama di Kabupaten Pandeglang. Agar semua pihak dapat saling menghormati, sehingga situasi yang kondusif ini akan terus terjaga dengan baik,” katanya.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Pandeglang Entis Sutisna mengatakan akan terus menjaga tali silaturahim dan menjaga komunikasi dengan semua tokoh agama di Pandeglang tanpa terkecuali. “Kita akan terus sosialisasikan dan melakukan dialog dengan semua tokoh agama agar tali silaturahim antar tokoh agama bisa terus terjaga, sekaligus untuk meningkatkan peran para tokoh agama dalam membantu memelihara kerukunan beragama di Kabupaten Pandeglang,” katanya.

Entis mengatakan, para tokoh agama memiliki peran penting dalam menjaga keamanan dan kenyamanan wilayah. Oleh karena itu, lanjutnya, kerukunan antar umat beragama menjadi tanggung jawab bersama. “Para tokoh agama, tokoh masyarakat serta elemen masyarakat lainnya, mempunyai tanggung jawab untuk terus membangun silaturahmi guna mewujudkan kerukunan antar umat beragama,” katanya. (dib/zis)