Sekda Pandeglang Ingatkan OPD Tak Copy Paste Program

0
64
Fery Hasanudin

PANDEGLANG – Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Pandeglang Fery Hasanudin mengingatkan kepada semua kepala organisasi perangkat daerah (OPD) agar tidak menyalin (copy paste) program atau membuat program pembangunan yang sama dari tahun ke tahun. Tindakan itu penting dilakukan agar Rencana Program Jengak Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Pandeglang terlaksana. “Enggak boleh ada kegiatan yang copy paste, kalau ada yang melakukan itu langsung kita evaluasi,” katanya, kemarin.

Fery meyakinkan semua kegiatan pembangunan yang akan dilakukan di 2018 lebih mengutamakan kepentingan masyarakat. Seperti pembangunan sarana dan prasana infrastruktur, kesehatan, pendidikan, dan kegiatan pembangunan pelayanan dasar lain. “Itulah yang menjadi prioritas kita di 2018 nanti. Saya juga sudah menginstruksikan kepada semua kepala OPD agar membuat program kegiatan yang bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Kalau kegiatan rutin tahunan lebih baik dihilangkan saja, lebih baik mengutamakan kepentingan masyarakat,” katanya.

Fery menceritakan, dari ekspose kegiatan perencanaan pembangunan 2018 yang dilakukan oleh masing-masing OPD, ada beberapa kegiatan yang dinilai tidak perlu dilakukan karena tidak bermanfaat untuk masyarakat. “Memang ada beberapa dinas yang masih membuat rencana kegiatan yang sama dari tahun ke tahun. Tetapi, hal itu sudah saya koreksi bersama dengan tim dan meminta yang bersangkutan untuk memperbaikinya. Saya juga enggak mau ada kegiatan sama yang terus dilakukan setiap tahunnya. Jadi sekarang ini lebih baik kita optimalkan pelayanan terhadap masyarakat,” ujarnya.

Fery memastikan, rencana program pembangunan di masing-masing OPD 2018 lebih prorakyat. “Insya Allah semuanya mengedepankan kepentingan masyarakat, karena pembahasan yang kita lakukan juga sangat intensif. Kita ingin agar visi misi Bupati dan Wakil Bupati dapat terlaksana dan masyarakat juga bisa merasakan manfaatnya. Apabila ada kegiatan yang tidak sesuai, akan langsung kita koreksi dan kita minta untuk diperbaiki,” katanya.

Terpisah, Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Pandeglang Andhi Mukit mengharapkan kegiatan pembangunan di 2018 lebih fokus dan terarah. Tujuannya agar bisa mewujudkan pemerataan pembangunan di semua daerah di Pandeglang. “Ingat, kepala OPD harus membuat rencana pembangunan itu atas dengan skala prioritas. Maksudnya begini, utamakan dulu kepentingan yang melibatkan masyarakat, karena selama ini masyarakat banyak mengeluh mengenai belum meratanya pembangunan di Pandeglang,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, berbagai kalangan mengapresiasi sikap Bupati Irna Narulita yang menginstruksikan pegawainya untuk membuat kegiatan prorakyat. Caranya, masing-masing kepala OPD dengan cara melaksanakan kegiatan pembangunan 2018 dengan fokus, agar masyarakat bisa merasakan manfaat pembangunan. (Adib/RBG)