Sekda Pastikan Pelayanan KTP-el Kondusif

0
441 views

TANGERANG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid meninjau langsung pelaksanaan pelayanan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) di loket pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tangerang di gedung usaha daerah (GUD), Tigaraksa, Kamis (26/12) lalu. Kunjungan dilakukan untuk memastikan pelayanan berjalan lancar, kondusif paska terjadi kericuhan pada Rabu (25/12).

“Iya pagi kemarin kami meninjau langsung pelayanan adiministrasi kependudukan (Adminduk), memastikan agar pelayanan berjalan lancar, kondusif dan masyarakat bisa terlayani dengan baik,” katanya.

Dia menjelaskan, pelayanan adminduk terutama KTP-el dilakukan sehari jadi dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Tangerang ke-76 yang diperingati setiap 27 Desember. Pelayanan tersebut, berlangsung sejak Selasa (24/12) hingga Jumat (27/12). Pelayanan yang diberikan berupa pencetakan KTP-el, kartu identitas anak (KIA), kartu keluarga (KK), dan akte kelahiran. “Alhamdulillah masyarakat sangat antusias dan terus bersabar antre karena yang mengajukan sangat banyak,” jelas Maesyal.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kabupaten Tangerang Syafrudin menuturkan, dalam kunjungan tersebut pihaknya juga ditanya oleh Sekda terkait kesiapan petugas dan ketersediaan blangko KTP-el. Dia menuturkan sejak Selasa (24/12) hingga Kamis (26/12) pukul 11.00 WIB, tercatat sekira 2.500 suket permohonan pencetakan KTP-el. “Dari hari pertama, masyarakat sangat antusias mengantre dan menunggu di ruang pelayanan. Aktivitasnya berjalan aman dan kondusif,” imbuhnya.

Perlu diketahui, dalam pelayanan khusus satu hari jadi tersebut pihaknya menyiapkan sekira 2.000 keping blangko KTP-el. Blangko diprioritaskan untuk warga yang sudah mengajukan suket perekaman KTP-el jauh-jauh hari. Jika baru hari itu mengajukan suket, maka butuh beberapa hari ke depan. Sedangkan untuk penambahan blangko KTP-el pada Kamis (26/12) pihaknya sudah mengajukan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk penambahan blangko. “Ada sekira 4.000 yang kami ajukan. Semoga bisa mencukupi kebutuhan warga yang antusias dalam pelayanan khusus di HUT kabupaten Tangerang ke-76 ini,” terangnya. (mg-04/adm)