Sekda Ranta Bergerilya di Pilkada Kota Serang

Klaim Sudah Dapat Restu Gubernur

0
4.589 views

SERANG – Sekretaris Daerah Provinsi Banten Ranta Suharta bakal mewarnai bursa bakal calon walikota pada Pilkada Kota Serang 2018. Meski masih terkesan malu-malu, Ranta mengaku siap maju pada pencalonan pesta demokrasi lima tahunan di ibukota Provinsi Banten tersebut.

Kemarin, Sekda mengklaim sudah mendapat restu dari Gubernur Wahidin Halim dan Wagub Andika Hazrumy untuk bisa bertarung pada Pilkada Kota Serang. “Insya Allah, insya Allah, insya Allah (maju dalam Pilkada Kota Serang-red) doakan saja,” kata Ranta ditemui di Kawasan Pusat Pemerintah Provinsi Banten (KP3B), Senin (12/6/2017).

Bahkan, Ranta mengaku sudah melakukan komunikasi politik dengan beberapa partai untuk kesiapannya maju. Di antaranya NasDem dan Demokrat yang dikabarkan sudah menjalin hubungan. “Sudah dengan tiga parpol,” singkatnya.

Birokrat di lingkungan provinsi ini juga dikabarkan akan mengambil formulir pendaftaran bakal calon walikota-wakil walikota Serang periode 2018-2023 di DPC Demokrat Kota Serang. Ranta yang awalnya akan mengambil formulir itu kemarin, membatalkan diri. “Lihat nantilah yah,” pungkasnya.

Selain berkomunikasi dengan Demokrat, Ranta juga pernah menjadi keynote speaker di acara rapat koordinasi daerah DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Serang, awal Mei lalu di Le Dian Hotel. Dalam kesempatan itu, Ranta banyak berbicara mengenai Kota Serang yang notabene Ibukota Provinsi Banten. Bahkan, ia banyak mengurai mengenai kriteria kepala daerah yang pantas untuk wilayah yang memiliki delapan kabupaten kota ini.

Saat itu, Ranta mengatakan, walikota ke depan nanti harus mempunyai integritas yang tinggi serta loyalitas yang tinggi pula sebagai pemimpin kepada rakyat dan kapabel. “Ke depan, walikota jangan hanya mengandalkan APBD saja, tapi harus berani keluar mencari dana,” ujarnya.

Orang nomor satu di Kota Serang, tambah Ranta, nantinya harus mempunyai inovasi untuk melakukan terobosan cerdas, tetapi juga mempunyai iman. “Silahturahmi juga harus dikedepankan. Jangan pilih calon walikota yang tidak punya visi dan misi,” tandasnya di hadapan para bakal calon walikota Serang seperti Subadri Usuludin, Wahyudin Djahidi, Najib Hamas, serta Syafrudin.

Ketua Tim Penjaringan DPC Demokrat Kota Serang Hidayatuddin mengungkapkan, tim Ranta telah menghubunginya untuk mengambil formulir. “Awalnya ingin hari ini (kemarin-red), tapi kata timnya nanti saja saat injury time,” ujar pria yang akrab disapa Dayat ini, Kamis (8/6).

Namun, tambah Dayat, ia sudah meminta kepada timnya agar Ranta langsung yang mengambil formulir pendaftaran tersebut. “Timnya sudah bilang oke,” ungkapnya.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu dan Pilkada DPD PKS Kota Serang Tb Ridwan Akhmad mengatakan, Ranta kala itu diundang sebagai keynote speaker. “Karena posisi beliau sebagai Sekda jadi setidaknya tahu permasalahan Ibukota Provinsi,” tuturnya.

Berdasarkan informasi yang diterima Radar Banten, Ranta akan berdampingan dengan Eki Baehaki yang merupakan anak dari mantan bupati Serang A Taufik Nuriman. Saat DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Serang membuka penjaringan, Eki dikabarkan ikut mendaftar langsung ke partai.

Ketua Tim Penjaringan DPC PKB Kota Serang Aminudin mengatakan, Eki mengambil formulir untuk posisi wakil walikota Serang. “Tapi kalau Pak Ranta, tidak ambil,” ujarnya. (Supriyono-Rostinah/RBG)