Sekolah Binaan MMS di Kabupaten Serang Bertambah

0
904 views

SERANG – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menandatangani nota kesepahaman kerjasama dengan PT Marga mandalasakti (Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak) dan Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim dalam upaya mencapai peningkatan kualitas dan pemerataan pelayanan pendidikan yang bermutu di Kabupaten Serang.

Turut hadir Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang Daud Fansuri, dan seluruh Kepala Sekolah dari Kecamatan Cikande dan Kramatwatu.

Dalam program Corporate Social Responsibillity (CSR) yang dilakukan ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak, telah dipilih 6 Sekolah Dasar Negri (SDN) di Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang sebagai sekolah binaan untuk periode 2017 yaitu SDN Pejaten 1, SDN Pegadingan 1, SDN Pegadingan 2, SDN Gempol, SDN Dermayon dan SDN Margasana.

“Ke-6 SD ini dipilih di antara 28 SDN di Kecamatan Kramatwatu berdasarkan penilaian yang kami lakukan dengan turun ke lapangan dan bertatap muka langsung dengan kepala UPTD, Pengawas, Kepala Sekolah, Guru dan masyarakat sekitar,” kata Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti Wiwiek D Santoso, di Aula Tb. Suwandi, Kota Serang, Senin (24/7).

Kata dia, bertambahnya 6 SDN terpilih, akan ada 12 SD binaan Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak. “Sebelumnya 6 SDN di Kecamatan Cikande, yakni SDN Maja, SDN Gorda 2, SDN Songgom Jaya, SDN Kosambi, SDN Rancasilat dan SDN Koper 2 yang sudah dibina sejak 2013. Beberapa prestasi telah dicapai oleh SD binaan baik di tingkat Kabupaten, Provinsi, bahkan Nasional,” paparnya.

Ia mengatakan adanya kerjasama ini bertujuan agar sekolah dapat mengembangkan siswa yang berprestasi secara akademis, berkarakter, memiliki nilai-nilai hidup dan kebangsaan yang baik. Disamping itu, kata dia, juga mampu menyerap dasar-dasar kecakapan hidup serta mengenal seni budaya daerahnya.

Pola yang diterapkan oleh pihaknya, menerapkan pola pembinaan bantuan pendidikan terfokus pada peningkatan Sumber daya Manusia (SDM) khusunya pada jenjang sekolah dasar sebagai pondasi utama pendidikan untuk mengembangkan potensi diri anak agar memiliki kecerdasan, ketrampilan, berkarakter dan berahlak mulia yang diperlukan bagi diri dan masyarakat.

Meskipun terdapat 6 SD binaan yang baru, jelasnya, pendampingan binaan juga tetap dilaksanakan kepada 6 SDN sebelumnya dengan fokus pada pengimbasan kepada sekolah-sekolah sekitar dan pendampingan antara lain pada kegiatan rapat kerja dan perlombaan. “Sekolah yang ada di Cikande tetap dapat mempertahankan dan bahkan meningkatkan kualitas belajar mengajar sehingga prestasi sekolah semakin baik dan menjadi sekolah mandiri,” tambahnya.

“Kecamatan Cikande diperpanjang untuk penerimaan CSR di bidang pendidikan dan perpanjangan ini menjadi 12 dan 6 SD lainnya ada di Kecamatan kramatwatu, memang  program CSR ini KabupatenSerang menerima dari beberapa pihak yang lainnya dari Cargil, USA dan untuk MMS ini mereka fokus pada peningkatan SDM-nya pada Kepala Skeolah, Guru, Murid  terus kemudian mereka sebagai rewared baru diberikan pembangunan fisik seperti perpustakaan,”

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan dengan adanya kegiatan ini tentunya membantu di bidang pendidikan di Kabupaten Serang, dimana CSR ini memfokuskan pada Sumber Daya Manusia.

“Tentu kami terbantu, sehingga kami fokus pada infrastruktur atau fisiknya. Program ini sangat baik sekali karena kita tahu pendidikan tidak hanya fokus pada fisiknya saja melainkan pada SDM-nya dan ini jauh lebih penting,” ungkapnya, Senin (24/7).

Pada program ini, PT Marga Mandala Sakti memfokuskan pada 12 sekolah dasar di Kecamatan CIkande dan Kramatwatu untuk benar-benar bisa berhasil mengembangkan SDM-nya. Kata Tatu, tidak di rolling atau berpindah dari satu sekolah ke sekolah lain memang supaya kepala sekolah dan guru-guru bisa total memiliki peningkatan dari pelatihan CSR ini. “Nanti kan, mereka-mereka ini yang sudah memiliki kemampuan dan berkembang bisa menularkan dan melanjutkan ke sekolah-sekolah lainnya,” ungkapnya. (anton sutompul/antonsutompul1504@gmail.com).