Sekretariat Kelompok Pemuda Dibangun di RT 02 Cikulurmasjid

SERANG – Bermacam kegiatan dilakukan warga untuk memenuhi semua kategori Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020. Di RT 02 RW 04, Lingkungan Cikulurmasjid, Kelurahan/Kecamatan Srang, warganya bahkan membangun sekretariat kelompok pemuda penggerak lingkungan dan kelompok penggerak sadar hukum.

“Waktu (penilaian-red) pertama, kami belum ada apa-apa. Kami tidak bisa melakukan penataan karena pandemi Covid-19. Tapi untuk penilaian kedua nanti, insya Allah, bakal berbeda. Kami mulai melakukan penataan seminggu setelah Lebaran lalu,. Warga bisa dikumpulkan dan turun semua karena sudah ada kelonggaran soal Covid-19,” ujar Ketua RT 02 Rahmat, Minggu (7/6.

Rahmat menjelaskan, dalam satu pekan, warganya sudah melakukan pengecatan, pembangunan gapura, pemagaran, penghijauan. Penataan lingkungan RT 02 ini dilakukan warganya siang dan malam hari, di sela kesibukan mereka bekerja. “Jadi, kalau ada (warga-red) yang kosong (libur bekerja-red), mereka gotong royong menata lingkungan,” jelasnya.

Sekretariat yang saat ini tengah dibangun, lokasinya di tengah kampung. Tidak hanya untuk kegiatan pemuda RT 02. Tetapi, menurut perwakilan pemuda RT 02 Supriadi, sekretariat tersebut akan menjadi pusat informasi kegiatan kemasyarakatakan dan sosial warga RT-nya.

“Nanti, itu jadi sekretariat RT dan kelompok pemuda, baik kelompok pemuda penggerak lingkungan dan kelompok sadar hukum,” tegas Supriadi. “Pembuatan sekretariat merupakan kesepakatan pemuda dengan bapak-bapak, supaya terpantau dan tertib. Sebagai ruang rapat, kumpul-kumpul. Pokoknya sebagai pusat kegiatan dan informasi warga,” jelasnya.

LRLA, diakui Supriadi, telah membuat pemuda RT 02 aktif melakukan penataan lingkungan mereka. Serta, ikut juga menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan.

Perlombaan yang telah menjadi program Pemkot Serang itu, lanjut Supriadi, juga membuat kekompakan warga RT ini menjadi lebih baik. Setiap ada kegiatan gotong royong, warga dan pemuda otomatis berkumpul.

“Kalau untuk menang (LRLA-red) mah lingkungan kami jauhlah. Yang terpenting, ada perubahan menjadi lebih baik di lingkungan kami,” tutup Supriadi. (rio/don)