Selama 4 Hari, Rp12,5 Miliar Uang Receh Ditukar

Bank Indonesia
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Budiharto Setyawan menyerahkan uang pecahan kecil secara simbolis didampingi kepala perbankan di Serang beberapa waktu lalu. (Foto: Susi K)

SERANG – Selama empat hari, setidaknya Rp12,5 miliar uang receh yang ditukarkan 2.736 warga dalam layanan penukaran uang yang berlangsung di Alun-alun Kota Serang pada pekan lalu. Layanan penukaran ini digelar Bank Indonesia (BI) dan perbankan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Serang dan sekitarnya.

Secara perinci, Rp12,5 miliar ini terdiri atas perbankan Rp7,5 miliar dan Bank Indonesia pusat Rp5 miliar dengan jumlah 2.736 kupon. Pada hari pertama 286 kupon, hari kedua 700 kupon, hari ketiga 800 kupon, dan hari keempat 950 kupon.

Adapun layanan penukaran uang dari perbankan difasilitasi kantor kas titipan BI di Bank bjb KCK Banten dan ada enam perbankan yang berpartisipasi antara lain Bank bjb, BNI, BCA, Bank Mandiri, BRI, dan Bank Mualamat.

Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Banten Budiharto Setyawan mengatakan, kegiatan ini untuk mengakomidasi kebutuhan masyarakat dengan menyediakan layanan uang pecahan kecil yang bekerja sama dengan perbankan di Serang. “Ini kegiatan pertama yang digelar di Alun-alun Kota Serang,” katanya.

Bank bjb KCK Banten sebagai pengelola kantor kas titipan Bank Indonesia menyediakan Rp55 miliar selama Ramadan tahun ini. Jumlah ini lebih besar dibandingkan tahun lalu yang hanya mencapai Rp20 miliar. Bagi masyarakat yang tidak sempat menukarkan uang di Alun-alun Kota Serang bisa datang langsung ke Bank bjb KCK Banten pada pukul 08.00-12.00 WIB. (Susi K/Radar Banten)