CILEGON – Sejak Jumat sore 23 Februari hingga Minggu (25/2) hari ini parkiran Ramayana Kota Cilegon masih belum diperkenankan untuk melakukan pemungutan biaya parkir. Saat ini parkir di areal Ramayana Kota Cilegon gratis.

Pantauan Radar Banten Online, kini untuk keluar masuk areal parkir Ramayana tidak lagi menggunakan palang pintu otomatis dengan terlebih dahulu harus memencet tombol jenis kendaraan pada mesin parkir. Untuk kendaraan yang masuk dicatat secara manual oleh petugas parkir pada selembar kertas berwarna kuning.

Didepan pintu masuk menuju areal parkir terbentang spanduk resmi yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Cilegon. Berdasarkan surat keputusan (SK) N0.503/054/SK-DPMPTSP/2018 Tentang Pembekuan Izin Penyelenggaran Parkir Khusus Milik Swasta.

PT Charlies Lestari Sentosa selaku pengelola parkir di areal Ramayana Cilegon dilarang melakukan pemungutan biaya parkir (parkir gratis).

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cilegon Andi Afandi saat dihubungi melalui telepon selular mengatakan pembekuan izin untuk menarik retribusi parkir itu diberikan batas waktu sampai dengan 60 hari kedepan terhitung sejak Jumat 25 Februari lalu.

Kata dia, pembekuan izin tersebut dilakukan karena pihak pengelola parkir Ramayana belum melakukan pendaftaran ulang perizinannya sebagaimana yang ditentukan oleh peraturan pemerintah daerah (Perda) no 9 tahun 2012 serta sebagaimana yang diamanatkan oleh peraturan Pemerintah Kota Cilegon No 10 tahun 2015.

“Sampai pengelola parkir mengurus perizinan sebagaimana yang sudah ditentukan pemerintah Kota Cilegon. Kalau pihak pengelola tidak melakukan peroses perizinannya maka pengelolaan parkirnya akan dilakukan oleh UPTD Dinas Perhubungan Kota Cilegon,” ujarnya. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)