Selama Setahun, Bocah SMP Curi Sepuluh Koper di Bandara Soetta

0
83

TANGERANG – Pelaku pencurian koper di Bandara Soekarno Hatta (Soetta) berinisial DV yang diketahui merupakan siswa kelas tiga SMP berhasil dibekuk Polresta Bandara Soetta, Sabtu (26/5) malam. DV ditangkap lantaran berhasil mengelabui petugas dengan masuk ke area bagasi penumpang di Terminal 3 kedatangan Bandara Soetta.

Dari informasi polisi, DV telah mencuri sebanyak 10 koper dari Bandara Soetta. Kesepuluh koper itu dicuri dari Juli 2017 hingga Mei 2018 dari terminal kedatangan penumpang 1, 2 dan 3.

Sebelumnya, aksi pencurian koper itu terungkap setelah salah seorang penumpang melaporkan kopernya yang hilang di Terminal 3 kedatangan penumpang beberapa waktu lalu. Mendengar laporan tersebut, petugas Polresta Bandara Soetta langsung melakukan pengejaran terhadap pelaku.

Kapolresta Bandara Soetta AKBP Victor Togi Tambunan mengatakan, saat dilakukan pengecekan CCTV di lokasi ternyata pelakunya merupakan anak di bawah umur. ”Kami lantas melakukan pengembangan sehingga mengetahui DV (pelaku-red) menaiki mobil Limo dengan Nompol B 2268 QZ dan membawa koper-koper curian tersebut,” katanya kepada awak media saat rilis, Minggu (27/5).

Ditambahkan, setelah mengetahui ciri pelaku dan mengetahui mobil yang dikendarai DV, petugas melakukan pengecekan terhadap pemilik mobil dan mencari alamatnya. ”Mobil yang dikendarai pelaku ternyata milik orangtuanya yang tinggal di salah satu perumahan Tigaraksa,” ungkapnya.

Victor menjelaskan, saat melakukan aksinya DV mengelabui petugas dengan berpura-pura mengambil barang yang tertinggal di area bagasi. Ia bisa masuk lantaran mampu menunjukkan dua bagasi claim tag dan petugas mempercayainya tanpa memeriksa lagi. ”Jadi modusnya, DV masuk saat petugas sedang sibuk melayani penumpang di jam padat,” jelasnya.

Dalam setiap aksinya, lanjut Victor, DV selalu melakukannya seorang diri dan tidak ada yang menunggangi dalam aksinya itu. ”Untuk koper yang diambil kebanyakan berisi pakaian, namun anehnya isi koper hanya disimpan di kamarnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Bandara Soetta Suliawan Wakan mengaku kecewa dengan insiden tersebut, ia akan melakukan pengecekan pada petugas yang berjaga saat kejadian pencurian tersebut. ”Kami akan cek petugas yang saat itu berjaga, ini akan kami jadikan evaluasi agar ke depan barang yang keluar oleh penumpang dapat diperiksa secara teliti,” katanya. (Hairul Alwan/RBG)