Selangkah Lagi, Kasemen dan Walantaka Jadi Kawasan Industri

0
1.028 views
Foto udara wilayah Kecamatan Kasemen, Kota Serang. Dua Kecamatan yakni Kecamatan Kasemen dan Walantaka akan menjadi kawasan industri, beberapa waktu lalu.

SERANG – Rencana Kecamatan Kasemen dan Walantaka menjadi kawasan industri tinggal selangkah lagi. Sabtu (20/6) lalu, usulan perubahan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Serang telah disetujui oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR).

Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin mengatakan, perubahan RTRW Kota Serang telah diusulkan sejak 2017 lalu. “Kementerian ATR menyetujui untuk Kecamatan Kasemen dan Walantaka menjadi kawasan industri,” ujarnya kepada Radar Banten, Selasa (30/6).

Kata Subadri, berdasarkan RTRW Provinsi Banten, Kecamatan Kasemen, sebelumnya masuk dalam kawasan waterfront city.

Namun, setelah disetujui Kementerian ATR, Kecamatan Kasemen bakal menjadi Kawasan Industri Utara Terpadu. Sementara Kecamatan Walantaka, yang sebelumnya adalah kawasan pertanian kering, diubah menjadi kawasan industri dan permukiman.

“Revisi kawasan Industri ini untuk membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat dan meningkatkan pendapatan daerah,” jelas Subadri.

Subadri memastikan perubahan RTRW ini tidak mengurangi luas lahan pertanian di Kota Serang. “Jadi, secara substansi untuk lahan pertanian tidak berubah,” katanya.

Subadri mengaku dalam waktu dekat Pemkot Serang akan menggelar ekspose bersama DPRD Kota Serang untuk menindaklanjuti persetujuan dari Kementerian ATR itu.

“Dari sisi tahapan (Kementerian ATR-red) sudah clear. Tinggal ekspose bersama DPRD,” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Serang Nanang Saefudin mengatakan, Pemkot Serang diberikan waktu selama satu tahun untuk melakukan revisi Perda RTRW usai menerima persetujuan Kementerian ATR.

“Kita dikasih waktu satu tahun oleh Kementerian ATR. Kalau tidak selesai, maka akan kembali lagi seperti semula. Tapi, masa kita mau kembali lagi,” katanya.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Kota Serang Roni Alfanto mengatakan, DPRD akan melakukan revisi Perda RTRW dengan menyesuaikan hasil perubahan yang disetujui oleh Kementerian ATR. “Pastinya (DPRD-red) menyesuaikan. Kita lihat dan pelajari dulu hasil revisi RTRWnya,” katanya.

Namun, Roni enggan berkomentar panjang terkait perubahan Kecamatan Kasemen dan Walantaka menjadi kawasan Industri. “Saya enggak mau bicara banyak dulu, sebelum mendapatkan lembaran persetujuan dari Kementerian ATR,” tandasnya. (fdr/nda)