Menteri Pertanian (Mentan) RI Andi Amran Sulaiman.

SERANG – Menteri Pertanian (Mentan) RI Andi Amran Sulaiman akan meninjau penanaman padi di Desa Cerukcuk, Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang, Selasa (19/7) depan. Kunjungan tersebut dalam rangka mendorong dan memastikan ketahanan pangan di Kabupataten Serang berjalan baik. Rencananya, sebelum ke lokasi, Mentan terlebih dahulu menemui Gubernur Rano Karno.

Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian pada Kementerian Pertanian RI Mochamad Yusron mengatakan, rencana kunjungan tersebut sudah ditetapkan melalaui rapat dan diperkirakan sampai di lokasi tujuan sekira pukul 11.00 WIB.

Yusron menjelaskan, alasan dipilih Kabupaten Serang sebagai tempat peninjauan lahan pertanian karena memiliki lahan pertanian luas. “Di Kecamatan Tanara ini, lahan pertanian luas. Pak Menteri ingin melihat langsung saat mulai masa tanam. Intinya, penguatan ketahanan pangan,” ujar Yusron kepada Radar Banten saat meninjau lokasi, Jumat (15/7). Peninjauan pun di dampingi Kepala Bidang Pertanian pada Dinas Pertanian Kabupaten Serang Puji Astuti dan Camat Tanara Eri Suhaeri.

Yusron menjelaskan, dalam lawatannya, Mentan mempunyai dua tujuan, yakni rapat koordinasi pangan Pemprov Banten yang dilaksanakan di Pendopo Gubernur dan dihadiri seluruh stakeholders pertanian. “Nanti ada dinas terkait, Bulog, TNI, serta penyuluh pertanian,” katanya.

Setelah itu, juga akan melanjutkan peninjauan lahan pertanian dan membuat kesepakatan dengan Pemkab Serang dalam meningkatkan ketahanan pangan. Tujuannya adalah mendorong cepat tanam di tahun ini. “Pak Menteri memang menekankan agar petani cepat tanam. Pak Menteri sudah pasti datang,” katanya.

Pada kesempatan itu, Eri Suhaeri siap menyambut kedatangan Mentan. Menurutnya, kedatangan menteri akan memberikan banyak motivasi bagi petani di wilayah kerjanya. Selain itu juga, kesempatan para petani untuk menyampaikan kendala dalam bertani. “Saya siap mendukung kedatangan Pak Menteri Pertanian.” katanya. (Irfan / Radar Banten)