Seleksi Anggota KPU Banten Semakin Ketat

0
766 views
Ilustrasi.

SERANG – Tim seleksi (timsel) calon anggota KPU Banten periode 2018-2023 telah menetapkan 25 peserta yang lolos tes psikologi. Sementara 24 orang lainnya gugur dan tidak bisa mengikuti tahapan seleksi selanjutnya.

Dari 24 peserta seleksi yang gugur, tercatat sejumlah wajah lama yang sudah lama bergelut di bidang kepemiluan. Sebut saja Agus Supadmo, anggota KPU Banten periode 2013-2018 yang saat ini masih menjabat sebagai komisioner. Berikutnya mantan Ketua Bawaslu Banten Solihin juga gagal lolos tes psikologi.

Nasib yang sama juga dialami tiga Ketua KPU kabupaten kota yang saat ini masih menjabat. Mereka adalah Ketua KPU Pandeglang Ahmad Suja’i, Ketua KPU Kota Cilegon Fathullah Hasyim, dan Ketua KPU Kota Serang Heri Wahidin. Ketiganya langsung terhenti langkahnya menuju KPU Banten.

Sementara, wajah lama yang lolos tes psikologi, dan berhak mengikuti tahapan selanjutnya adalah dua anggota KPU Banten periode 2013-2018 yakni Syaeful Bahri dan Wahyul Furqon. Berikutnya Ketua KPU Kabupaten Lebak Ahmad Saparudin, Ketua KPU Kota Tangsel M Subhan, dan mantan anggota Bawaslu Banten Eka Satya Laksmana. Kelimanya beserta 20 orang lainnya akan bersaing untuk lolos 14 besar.

Ketua Timsel Prof Dr Lili Romli mengatakan, berdasarkan hasil tes psikologi yang disampaikan Tim Psikologi UIN Jakarta, hanya 25 peserta yang dinyatakan lolos tes. “Kami sudah menetapkan 25 peserta yang lolos tes psikologi sesuai rekomendasi tim psikologi UIN, melalui rapat pleno Selasa malam. Mereka berhak mengikuti tes kesehatan dan wawancara akhir mulai pekan depan,” kata Lili kepada Radar Banten, Rabu (14/3).

Menurut Lili, sesuai aturan yang berhak mengikuti tes kesehatan dan wawancara akhir maksimal 42 peserta. Namun, dikarenakan yang lolos tes psikologi hanya 25 orang maka hanya 25 peserta yang lolos ke tahapan seleksi selanjutnya. “Timsel hanya menetapkan hasil tes psikologi, penilaiannya dilakukan tim psikologi UIN Jakarta,” ungkapnya.

Lili melanjutkan, sesuai tahapan seleksi, tes kesehatan akan dilaksanakan selama dua hari (19-20/3) di RSUD dr Drajat Prawiranegara (RSUD Serang). Selanjutnya mengikuti wawancara akhir pada 26-27 Maret mendatang. “Hasil tes kesehatan dan wawancara akhir akan menentukan 14 peserta, yang akan timsel rekomendasikan ke KPU RI untuk dipilih tujuh orang sebagai komisioner KPU Banten yang baru,” ungkapnya.

Berdasarkan data timsel, dari 49 peserta yang lolos tertulis berbasis CAT. Hanya 48 orang yang ikut tes psikologi selama dua hari di UIN Jakarta.

Panitia sekretariat timsel Ade Wahyu Margono mengatakan, peserta yang lolos tes psikologi telah diumumkan di website resmi KPU Banten dan di media cetak lokal. “Pengumumannya sesuai abjad huruf bukan sesuai perolehan nilai tes psikologi. Di luar 25 nama yang kami umumkan, mereka dinyatakan gugur dalam proses seleksi,” katanya. (Deni S/RBG)