Seleksi CPNS Harus Transparan

SERANG – Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Banten memantau dan mengawasi pelaksanaan seleksi CPNS di Kota Serang. Ombudsman mengapresiasi panitia lantaran menyiapkan ruang khusus pemantauan.

Asisten Ombudsman Perwakilan Banten Eni Nuraeni mengatakan, panitia seleksi CPNS harus terbuka dan transparan, sehingga pelaksanaan seleksinya bisa diawasi oleh perwakilan masyarakat. “Kami mengapresiasi pelaksanaan seleksi CPNS di Kota Serang cukup transparan, kami diberikan ruang khusus melakukan pengawasan,” kata Eni kepada wartawan saat pemantauan, Kamis (23/2).

Ia melanjutkan, hasil pemantauan yang dilakukan, proses seleksi CPNS yang digelar Pemkot Serang berjalan cukup lancar. Namun terlihat di beberapa sesi selalu ada peserta yang telat datang. “Pada sesi pertama dan kedua terlihat peserta yang harus lari-lari agar dapat mengikuti seleksi,” katanya.

Ia menambahkan, ruang khusus pemantauan yang disediakan panitia berisi monitor yang memantau ruang lokasi seleksi komptensi dasar (SKD) bagi siapa saja yang ingin melihat situasi di dalam dan monitor untuk menginformasikan hasil dari peserta yang sedang melaksanakan SKD. “Komputer yang disediakan juga cukup banyak yaitu berjumlah 230 unit dan 20 komputer cadangan untuk antisipasi jika terjadi masalah, dan dua server,” katanya.

Untuk memastikan berjalan dengan baiknya proses seleksi CPNS, Ombudsman melakukan pemantauan dan pengawasan dalam setiap prosesnya secara nasional. “Di Provinsi Banten sendiri, Ombudsman Perwakilan Banten, selain menerima laporan dari masyarakat juga ikut turun memantau ke lokasi tempat pelaksanan rekrutmen diadakan,” jelas Eni.

Sebelumnya, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Banten Dedy Irsan mengatakan, pengawasan seleksi CPNS pada tahapan SKD yang diselenggarakan pemerintah kabupaten/kota di Banten semuanya diawasi Ombudsman. Pengawasan tersebut dilakukan untuk memastikan proses pelaksanaan SKD berjalan lancar tanpa maladministrasi. “Berdasarkan pengawasan yang dilakukan oleh Tim Khusus Ombudsman, proses SKD berjalan lancar dan tertib di berbagai daerah, dan semuanya berjalan sesuai aturan,” katanya.

Ia memaparkan, pihaknya telah memantau seleksi CPNS di Pemkab Serang, Pemkot Cilegon, Pemkot Tangsel, dan Pemkot Serang. “Seleksi CPNS di empat daerah cukup lancar, meskipun di Tangsel terdapat kendala di Layar Monitor Realtime hasil Tes SKD yang sempat mati dan langsung mendapatkan perbaikan oleh teknisi dari Kominfo Pemkot Tangerang Selatan,” ujarnya. (den/aas/ags)