Seleksi Penerimaan Pegawan Non PNS Tenaga Promkes Kota Serang Dikeluhkan

Screenshot pengaduan Ardi Sasmita, salah satu peserta seleksi tenaga non PNS Promkes melalui aplikasi Rabeg.

SERANG – Peserta seleksi penerimaan pegawai non PNS tenaga Promotor kesehatan (Promkes) Dinas Kesehatan Kota Serang mengeluhkan transparansi rekrutmen seleksi tersebut. Pasalnya, pengumuman seleksi yang seharusnya menerima 16 tenaga Promkes, namun saat dipublikasikan oleh Dinkes hanya mengumumkan 4 nama yang lolos seleksi.

Ardi Sasmita, salah satu peserta seleksi tenaga non PNS Promkes, mengeluhkan hasil yang diumumkan Dinkes Kota Serang. Ia melakukan pengaduan laporan melalui aplikasi Rabeg, dengan nomor track id 146, Kamis (22/3) dengan status masih menunggu proses tanggapan dari Dinas Kota Serang.

Dalam aduannya ini yang sudah Radar Banten Online gubah sesuai diksi kalimat, namun tidak mengurangi makna yang dikeluhkan oleh pembuat aduan pada aplikasi Rabeg. Ardi menulis dengan subjek, laporan pengaduan seleksi penerimaan tenaga non PNS Promotor kesehatan di Puskesams wilayah Kota Serang.

“Mohon penjelasan kepada OPD terkait. Mengapa yang awalnya hasil tes wawancara akan diumumkan tanggal 15 Maret 2018, malah diundur menjadi tanggal 21 Maret 2018,” tanya Ardi Sasmita.

Ia juga menanyakan formasinya 16 tenaga Promkes, tetapi saat pengumuman yang diundur selama 6 hari tersebut, Dinkes Kota Serang hanya menerima 4 tenaga Promkes. “Padahal sudah jelas yang dibutuhkan itu 1 orang promotor untuk 1 Puskesmas. Lalu bagaimana untuk 12 Puskesmas yang lain. Apakah tidak akan ada promotor kesehatannya,” tanya dia kembali.

“Mohon diumumkan juga nilai atau hasil tes 38 orang yang lolos verifikasi berkas dan dinyatakan dapat mengikuti tes wawancara. Mohon trasnparansi,” tegasnya.

Sementara itu, pengumuman Nomor: 800/4255/Dinkes Tentang Hasil Seleksi Penerimaan Pegawai Non PNS Tenaga Promotor Kesehatan di Puskesmas Wilayah Kota Serabf Tahun 2018.

Yang menyebut, peserta lolos seleksi terdapat 4 orang. Yakni, Sobiyah dengan nilai 1.031, Rara Afiani dengan skor 1.028, Vian Rahayu dengan nilai 1.021 dan Mega Kurniasari dengan 1.018. Keputusan ini ditetapkan pada 20 Maret 2018 yang ditandatangani oleh Ketuam Tim Seleksi Dinkes Kota Serang.

(Anton Sutompul/antonsutompul1504@gmail.com).