Seleksi Sekda Kota Serang: Tes Wawancara Rampung 1,5 Jam

0
565 views
Walikota Serang Syafrudin didampingi Kepala BKPSDM Kota Serang Ritadi foto bersama dengan kelima peserta seleksi Sekda Kota Serang di salah satu Hotel di Kota Cilegon, kemarin (18/11).

SERANG – Lima peserta seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Serang telah mengikuti seleksi tahap akhir di salah satu Hotel di Kota Cilegon, Rabu (18/11). Pada tahapan akhir, para peserta mengikuti tes wawancara tak kurang dari 90 menit (1,5 jam).

Dari awal tahapan seleksi, hingga hari terakhir seleksi, Jumlah peserta seleksi terbuka terdiri dari lima pejabat yang berasal dari Pemprov Banten dan Pemkot Serang. Kelimanya adalah Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Serang Nanang Saefudin, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Yoyo Wicahyono, Kepala Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Pemprov Banten Ahmad Syaukani. Lalu, Staf Ahli Walikota (SAW) Bidang Pemerintah dan Hukum Politik Tb Urip Henus Surawardhana, dan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Moch Poppy Nopriadi.

Ketua Pansel Seleksi Terbuka JPT Pratama Sekda Kota Serang Komarudin mengatakan, kelima peserta seleksi telah mengikuti semua tahapan. Terakhir, para peserta mengikuti tahap wawancara. “Tadi sudah selesai wawancara. Tiap peserta tak kurang dari 1,5 sampai 2 jam,” ujar Komarudin, kepada Radar Banten, Rabu (18/11).

Komarudin mengatakan, tes wawancara dalam pembobotan penilaian memiliki 35 persen. Dimana, para peserta diberikan pertanyaan atau materi yang berkaitan dengan tugas dan fungsi sekda, pengetahuan sosial kultural, termasuk materi makalah yang telah ditulis. “Dua jam cukup waktunya. Semua pansel bisa memberikan penilaian,” katanya.

“Secara keseluruhan bisa mengikuti. Ada gradasi (perbedaan-red), ada yang menguasai dan tidak,” kata pria yang kini menjabat sebagai Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten itu.

Kata Komarudin, setelah tahapan wawancara, pihaknya tinggal melakukan pleno penetapan tiga besar dari kelima peserta. “Pleno sudah. Tinggal kita serahkan kepada pak Walikota,” terangnya.

Sementara Walikota Serang Syafrudin menegaskan, tak mengintervensi hasil seleksi dilakukan Pansel hingga mengeluarkan tiga besar. Kata dia, proses seleksi terbuka Sekda bersandarkan pada aspek dan indikator yang telah ditetapkan. “Pokoknya saya menyerahkan hasil tiga besar ke Pansel,” katanya usai meninjau pelaksanaan seleksi.

Dihubungi terpisah, Kepala Bappeda Kota Serang Nanang Saefudin mengatakan, dirinya telah mengikuti semua tahapan seleksi yang dilakukan oleh pansel. “Tahapan-tahapan sudah saya lalui. Tadi terakhir tes wawancara. Alhamdulillah, tinggal nunggu hasil pansel,” katanya.

Kepala Dinsos Kota Serang Moch Poppy Nopriadi mengatakan, seluruh peserta tinggal menunggu hasil pleno penetapan tiga besar oleh Pansel. “Semua tahapan bisa dilalui, tadi tes wawancara. Kalau saya kurang dari 1,5 jam. Mudah-mudahan hasilnya sesuai harapan,” terangnya.

Pada bagian akhir, Kepala Disparpora Kota Serang Yoyo Wicahyono mengaku tak mendapatkan kendala pada tiap tahapan proses seleksi. Menurutnya, tahapan terakhir wawancara dirinya tak kurang dari 1,5 jam menjawab pertanyaan Pansel. “Alhamdulillah lancar,” katanya. (fdr/nda)