Seleksi Tim Serang Jaya: 29 Pemain Diseleksi Lagi

Peserta seleksi Serang Jaya menampilkan permainan terbaiknya pada seleksi tahap pertama yang digelar di Stadion Maulana Yusuf, Kota Serang, Minggu (19/5).

SERANG – Sebanyak 29 pemain yang lolos dari seleksi tahap pertama tim Serang Jaya belum dapat bernapas lega. Senin (17/6), puluhan pemain itu harus mengikuti seleksi tahap kedua.

Asosiasi Kota (Askot) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Kota Serang mengisyaratkan komposisi tim Serang Jaya akan diisi 70 persen pemain lokal dan 30 persen dari luar daerah.

“Setelah seleksi tahap pertama usai, pemain kita pulangkan ke rumahnya masing-masing. Belum ada latihan. Nanti tanggal 17 Juni mereka kita panggil lagi untuk ikut seleksi tahap kedua,” kata panitia seleksi Yayat Dekriatna, Rabu (22/5).

Yayat mengatakan, seleksi tahap kedua akan menentukan nasib para pemain. Pemain yang dianggap kurang layak akan dipulangkan, hingga tim mendapatkan jumlah pemain yang dibutuhkan.

“Sudah kami imbau agar pemain yang masih bertahan untuk terus berlatih di rumahnya. Karena belum fix, panitia masih menerapkan sistem degradasi dan promosi. Mereka harus menjadi yang terbaik agar bisa bertahan,” jelas Yayat.

Tim pemantau bakat, Doli Sutikno mengungkapkan 29 pemain itu telah menempati semua posisi tim, kecuali posisi penjaga gawang. Pemain yang terjaring di seleksi tahap pertama seluruhnya masih warga lokal Kota Serang. “Untuk pemain senior kita sudah dapatkan tiga orang, 29 pemain yang terjaring juga sudah lengkap mengisi tiap posisi, tinggal kiper saja yang belum,” ungkap Doli.

Ketua Umum Askot PSSI Kota Serang Zeka Bachdi mengaku membuka kesempatan bagi pesepak bola dari luar daerah. Namun, pemain lokal tetap diutamakan. “Tujuh puluh persen dari lokal, 30 persen untuk pemain luar daerah. Tetapi kalau dalam seleksi permainan warga lokal dan luar daerah tidak jauh berbeda, hanya beda-beda tipis ya kita akan tetap memilih dari warga Kota Serang,” kata Zeka. (rbs/nda/ags)