Selfi, Sebelum Juara Hanya Penyanyi Elekton

Selfi bersama piala DA Asia 4

Perhelatan Dangdut Academy Asia (DAA) 4 telah berakhir. Juara musim keempat, masih diraih oleh kontestan asal Indonesia, yakni Selfi. Di posisi 2 ditempati Rara dari Indonesia. Sementara juara 3 diraih Zam Ryzam dari Malaysia. Siapakah Selfi sebenarnya?

 

Juara LIDA

Selfiyani atau dikenal dengan nama Selfi Soppeng adalah juara pertama LIDA (Liga Dangdut) Indonesia sesi pertama. Ini merupakan ajang menyanyi dangdut yang diikuti delegasi dari 34 propinsi di Indonesia. Gadis berusia 19 tahun ini merupakan dara kelahiran Soppeng, Sulawesi Selatan, yang menjadi cikal bakal julukannya.

 

Hadiah
Setelah dinobatkan sebagai juara pertama DAA 4, Selfi mendapatkan hadiah uang tunai Rp 200 juta. Selfi dan kedua orangtuanya juga mendapatkan hadiah spesial paket perjalanan umrah. Selfi juga mendapat kontrak eksklusif dari Indosiar untuk jangka waktu tertentu.

Orangtua

Orangtua Selfiboleh dibilang keluarga prasejahtera. Ayahnya bekerja sebagai pengemudi becak motor alias bentor, sementara ibunya sebagai tukang cuci keliling. Sebelumnya, sang ayah bekerja sebagai buruh penebang pohon pisang yang digunakan untuk mengasapi daun tembakau rokok dengan upah sebesar Rp2.500 per pohon. Dari pendapatan ini, sang ayah  menabung untuk membeli sebuah bentor.

Rumah
Selfi dan keluarganya tinggal di sebuah rumah sederhana, berukuran 5×7 meter dengan perabotan sederhana. Terletak di Cabbenge, Kecamatan Lilirilau, Kabupaten Soppeng. Rumah yang ditinggali bersama kedua orangtua dan dua adiknya ini tergolong kecil, jika dibandingkan rumah di sekitaran tempat tinggal mereka. Keluarga Selfi bahkan harus ‘menumpang’ sambungan listrik dari tetangga untuk menerangi rumah mereka.

Pendidikan
Kondisi ekonomi seperti ini membuat Selfi harus rela untuk melanjutkan cita-citanya mengenyam pendidikan tinggi. Selfi Seusai lulus SMP, ia tidak melanjutkan pendidikan. Ia memilih mengisi waktu dengan membantu pekerjaan rumah tangga. Meski begitu, Selfi ingin  kedua adiknya, Zulfianti dan Saiful Saputra, bisa melanjutkan sekolah..

Menyanyi

Memiliki suara jernih dan luar biasa, sudah dimiliki Selfi bahkan sejak usia 4 tahun. Ayah dan ibu Selfi bilang, anaknya belajar bernyanyi secara otodidak. Ayah Selfi bahkan mengakui, saat Selfi SD sering menyanyi di orkes hingga elekton, untuk menghibur masyarakat. Selfi juga pernah jadi duta sekolah. Sukardi, keluarga Selfi juga membenarkan, sebelum mengikuti LIDA, Selfi hanya penyanyi elekton. Sekali menyanyi, honor yang didapat antara Rp150ribu – Rp200 ribu. Setiap enam bulan, Selfi  biasa mendapat job menyanyi lima hingga enam kali. Kegigihan Selfi, diganjar dengan kesuksesan di ajang LIDA 2018 dan DAA 4. (Hilal Ahmad)