Selingkuh Belasan Tahun, Adik Ipar Dinikahi

Love Story

Love Story
Ilustrasi Love Story (Dok: RB)

Beni (42), benar-benar untung besar. Bak sekali dayung dua pulau terlampaui, ia menikahi Indy (26) yang tidak lain adalah adik bungsu Leha (38), semuanya nama samaran. Beni mendapat persetujuan untuk turun ranjang tanpa harus menceraikan Leha. Apa rahasianya ya, kok Beni sampai bisa mempoligami adik kakak ini?

Kisah ini bermulai dari pernikahan Beni dan Leha pada 2004 lalu. Pasangan ini hidup bahagia, sejahtera, dan sederhana. Beni sangat disukai keluarga Leha, lantaran ia banyak berkorban dan membantu keluarga Leha. “Saya tidak pernah hitung-hitungan. Kalau ada keluarga istri yang membutuhkan bantuan, saya pasti bantu sebisa mungkin,” kata Beni.

Beni yang memiliki sebuah toko alat tulis kantor (ATK) mengatakan, paling banyak diminta bantuan untuk membiayai sekolah adik-adik Leha. Istrinya sendiri bekerja di sebuah perusahaan swasta, sehingga pasangan ini patungan untuk memenuhi biaya sekolah. “Saya dan istri yang membiayai sekolah adik-adik ipar saya. Sebab orangtua Leha sakit-sakitan, jadi kesulitan mencari biaya sekolah,” ujarnya.

Pada 2006, orangtua Leha menitipkan Indy. Sang adik ipar diminta tinggal dengan kakaknya ketika masuk sekolah SMA. Sejak saat itu, Indy, Leha, dan Beni hidup di satu atap. Kehidupan mereka harmonis, bahkan Indy ikut mengurus anak-anak Beni layaknya mengurus adik sendiri. “Indy mengurus anak-anak saya. Dia memang suka dengan anak kecil,” jelasnya.

Selama Indy tinggal serumah, Beni memperlakukannya dengan lembut. Ia pun menjadi teman bicara yang menyenangkan untuk Indy, Beni sering menjadi teman curhat Indy untuk berbagai hal. “Indy sering curhat, entah tentang teman-temannya, pacarnya, tentang sekolah, dan sebagainya,” ujarnya.

Beni pun mendapat tempat khusus di hati Indy. Selain sebagai kakak ipar dan sahabat curhat yang baik, Beni menjadi lelaki panutan untuk Indy. “Ia selalu bilang, ingin mencari lelaki seperti saya. Baik dan mau membantu tanpa perhitungan,” jelasnya.

Bantuan Beni kepada keluarga Leha, memang diberikan secara tulus. Dia tidak memiliki niatan lain selain membantu kesejahteraan keluarga besar istrinya. Namun seiring waktu, kebersamaan Indy dan Beni menumbuhkan sebuah rasa. Tidak hanya sekadar cinta sesama saudara, namun rasa di antara mereka tumbuh menjadi cinta bla’em bla’em.

Ini ketika Indy mulai masuk masa kuliah. Ia mengalami kesulitan untuk menyukai lelaki di sekelilingnya. Setelah didalami, ternyata Indy jatuh cinta kepada Beni. Namun rasa itu ia pendam lantaran takut mengkhianati perasaan kakaknya.

Mulut boleh tertutup rapat, namun tidak dengan hati. Ibarat kata, suasana hati bisa terpancar dari pandangan mata. Sorotan mata Indy tidak bisa membohongi Beni. Si kakak ipar tahu jika sorotan mata Indy adalah sorotan seorang wanita kepada lelaki. “Saya lihat gelagat Indy berbeda. Cara senyum dia, bicaranya, terutama sorot matanya. Itu beda sekali, tidak seperti saat dia SMA,” terangnya.

Penasaran dengan sorot mata Indy, Beni mencoba mengorek isi hati Indy. Hasilnya ternyata benar, sang adik ipar menyukai kakaknya. “Saya pancing adik ipar saya. Saya tanya, kenapa kok selama kuliah enggak pacaran? Setelah didesak, ternyata Indy suka sama saya,” katanya.

Sejak saat itu, Indy dan Beni terlibat perselingkuhan. Di belakang Leha, mereka berpacaran. Namun Beni membantah jika hubungan mereka berjalan terlalu jauh. Beni tetap menjaga hubungan mereka tetap sehat. “Saya enggak bodoh, terlalu terbawa napsu bisa-bisa saya yang mati,” jelasnya.

Selama beberapa tahun, mereka berhasil menutupi hubungan mereka. Namun lama-lama, bau bangkai tercium juga. Leha mengetahui ada sesuatu antara suami dan adiknya. Pertengkaran sempat terjadi namun Leha tetap menahan diri. “Leha itu sangat sayang dengan adik bungsunya ini,” katanya.

Akhirnya, Leha mencari pendapat dari orang-orang sekitarnya, termasuk dari kedua orangtua. Ada beberapa pertimbangan mengapa hasil akhir dari pencarian pendapat berujung pada poligami. Yakni hubungan gelap yang telah berjalan selama bertahun-tahun.

Akhirnya, keluarga besar mengeluarkan keputusan untuk menikahkan Indy dengan Beni. Leha rela dimadu dan mengalah untuk adiknya ini. Setelah diputuskan, Indy dan Beni terlebih dahulu menikah sirih. Namun setelah dua tahun berlalu, mereka memutuskan untuk memberikan kekuatan hukum pada pernikahan Indy dan Beni. “Setelah dibicarakan panjang lebar, akhinya kami datang ke Pengadilan Agama untuk melayangkan permohonan poligami,” jelasnya.

Lantaran tidak ada penolakan dari berbagai pihak, permohonan ini dikabulkan. Dengan begitu, Beni secara sah memiliki dua istri yang memiliki hubungan sedarah. Wah wah wah. (RB/quy/zee)