Selingkuhan Minta Dinikahi! Alamak

Love Story

Love Story
Ilustrasi Love Story (Dok: RB)

1. Minta Dinikahi

Dunia playboy punya kode etik tersendiri, salah satunya tidak meninggalkan jejak perselingkuhan kepada pasangan resmi. Namun namanya manusia penuh dengan kesalahan, seketat-ketatnya Bembi (35), nama samaran, menutupi perselingkuhannya, tetap saja terjadi kebocoran.

Pada kasus Bembi, si jejak yang harusnya ditinggalkan malahan mendatangi. Jelas ini menjadi malapetaka bagi rumah tangganya. “Saya ketahuan selingkuh, gara-gara selingkuhan datang ke rumah saya,” katanya.

Alasan sang selingkuhan datang, karena ingin meminta pertanggungjawaban atas bayi yang baru lahir. Perempuan itu meminta pengakuan jika bayi adalah anak Bembi, guna kepentingan akta kenal lahir. “Padahal selingkuhan saya enggak minta macam-macam. Cuma minta pengakuan saya jika si anak punya ayah yakni saya,” ujarnya.

Selain meminta pengakuan, perempuan itu juga minta dinikahi secara sah. Namun lagi-lagi hal ini untuk kepentingan akta kenal lahir, setelah akta itu keluar keduanya akan bercerai. “Dia juga minta dinikahi, hanya untuk dapat keterangan kalau dia memiliki suami,” tuturnya.

Sang selingkuhan datang meminta baik-baik agar bisa menikahi Bembi. Ia berjanji akan segera menceraikan Bembi setelah akta kenal lahir keluar. Hmmmm, bagi si perempuan dan Bembi, permintaan itu adalah sebuah hal biasa yang tidak perlu dibesar-besarkan. Tapi tidak untuk Ina (32), nama samaran istri sah Bembi.

Ia terbelalak menanggapi permintaan-permintaan perempuan tersebut. Sebab tiba-tiba saja dia datang, minta pengakuan akan anak dia yang baru lahir, sekalian minta izin menikah sebentar lalu kemudian akan cerai lagi.

Weleh weleh weleh, Ina merasa baru disambar petir. Rambutnya hangus berasap karena tak kuasa menahan emosi. Ina langsung mengamuk tidak karuan. Sang perempuan ia usir dari rumah, begitu juga Bembi.

“Neng Ina marah besar, dia kaget dengar pengakuan selingkuhan saya itu. Lagian itu perempuan berani amat, dengan santai bilang ingin nikah dengan saya sampai akta kenal lahir keluar. Jadinya ketahuan deh,” tutur Bembi.

2. Playboy Sejak Lama

Dari pengakuan Bembi sendiri, dia memang seorang playboy. Itu bukan sekadar karakter, melainkan penyakti hati. “Jujur Mas, saya ini memang senang selingkuh. Sepertinya kalau enggak main dengan perempuan lain itu ada yang kurang. Itu penyakit hati Mas, kalau sudah terjangkit susah sembuhnya,” terangnya.

Penyakit ini menular kepada Bembi sejak SMP kelas akhir. Ini ketika ia diselingkuhi oleh cinta pertamanya saat itu. Karena sakit hati, ia kemudian balas dendam dengan memacari lebih dari satu wanita. Awalnya sih dendam, tapi lama-lama jadi hobi. “Karena saya sering selingkuh, jadi tahu cara selingkuh aman. Ada sensasi seru kalau punya selingkuhan itu, salah satunya ketakutan ketahuan selingkuh bikin hidup terasa makin hidup,” akunya.

Berselingkuh pun, kata Bembi, membuatnya selalu merasa awet muda. Intinya Bembi menyukai pola hidupnya yang selalu mendua. “Selingkuh itu seru, Mas,” katanya.

Semakin matang usianya, Bembi semakin tahu cara selingkuh paling aman. Menurutnya, berselingkuh dengan wanita yang sudah menikah adalah paling aman. Sebab keduanya akan saling menjaga agar hubungan terlarang tidak ketahuan ke permukaan. Seperti ketika dirinya berselingkuh dengan wanita itu, mereka telah sepakat untuk merahasiakan hubungan itu.

“Perempuan itu sebenarnya teman satu kantor. Karena sering bertemu, kami selingkuh. Mungkin ada tiga tahunan kami berhubungan. Teman-teman kantor sih ada yang cuek ada yang curiga, tapi tidak ada satu pun yang rese ikut campur. Makanya aman,” kata Bembi panjang lebar.

3. Timbul Masalah dari Perselingkuhan

Bagi Bembi, hubungannya dengan sang selingkuhan hanyalah bumbu kehidupan. Tapi untuk persoalan hati, cintanya benar-benar diperuntukkan kepada Ina, istri sahnya. “Saya bukannya hilang cinta dengan istri saya. Dia satu-satunya orang yang paling saya sayangi. Kalau selingkuhan saya kan hanya kisah lain, bukan hal serius,” ujarnya.

Enggak serius gimana Mas? Itu sampai kesandung batu punya anak. Kata Bembi, dia sendiri ragu jika anak tersebut adalah anaknya. “Saya kalau berhubungan tidak pernah lupa pakai pengaman Mas. Makanya saya sedikit ragu kalau itu memang anak saya,” tuturnya.

Namun pada persoalan ini, kondisi si selingkuhan lumayan terjepit. Sebab ia terlebih dahulu ketahuan selingkuh dengan Bembi. Perselingkuhan ini diketahui suami si selingkuhan ketika perempuan itu tengah hamil. Karenanya si suami menuding anak dalam kandungan adalah anak Bembi.

Gara-gara itu, perempuan tersebut ditinggalkan suaminya. Tidak hanya ditinggalkan, namun sang suami tidak mengakui jika anak tersebut adalah hasil karyanya. “Suami selingkuhan saya keukeuh kalau anak itu anak saya. Gara-gara itu akhirnya anak selingkuhan saya lahir tanpa ada pengakuan dari seorang ayah,” terang Bembi.

Karena alasan itulah si selingkuhan nekat mendatangi rumah Bembi dan membuka aib hubungan rahasianya dengan Bembi. Respons Ina pun tidak berlebihan, istri mana yang tidak ngamuk jika dihadapkan dengan situasi seperti itu?

“Saya juga tidak menyalahkan Neng Ina, kalau benci silakan saja. Tapi yang saya takutkan, kalau saya kehilangan anak saya,” ujarnya.

Kini Bembi tengah dihadapkan dengan gugatan cerai yang dilayangkan Ina. Sampai sekarang ini, proses perceraian berlangsung alot karena Bembi mati-matian mempertahankan pernikahannya. “Saya sudah janji akan berubah. Kalau saya dikasih kesempatan saya akan tobat, tidak akan selingkuh lagi,” ujarnya. Ah yang benar Mas? (RB/quy/zee)