Selokan dan Penghijauan Jadi Perhatian

KASEMEN – Warga Lingkungan Kebonbaru, RT 01 RW 01, Kelurahan Sawahluhur, Kecamatan Kasemen, bakal menitikberatkan kegiatannya pada penataan saluran pembuangan air atau selokan dan penghijauan. Mereka berharap, kampungnya tidak kumuh lagi. Dan bisa bersaing di Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020.

“Penataan mengutamakan penghijauan dengan menanam bunga dan memasang pot-pot di setiap halaman rumah warga. Drainase yang ada juga akan ditata agar tidak mampet,” kata Ulfi, Ketua RT 01.

Ulfi mengakui jika lingkungannya masih terlihat kumuh dan gersang karena warganya kurang peduli terhadap lingkungannya. Ia pun berharap, LRLA yang telah menjadi program Pemkot Serang ini bisa menumbuhkan kesadaran warga RT 01 untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Agar lingkungan RT 01 menjadi lebih enak dipandang mata, Ulfi menyampaikan rencana kegiatan warganya. Yakni, mendekorasi jalan dengan pengecatan dan pemasangan lampu penerangan. “Penerangan tidak hanya dengan lampu biasa, tapi juga dengan lampu hias warna-warni,” jelasnya.

Sekretaris Kelurahan Sawahluhur Windy Jatmiko mengaku, pihaknya telah beberapa kali menyosialisasikan LRLA. Ada enam RT di kelurahan ini yang didaftarkan ikut lomba. Namun, tidak semua warganya telah bergotong royong menata kampung. Mereka terkendala larangan berkumpul untuk memutus penyebaran corona.

Sementara, Lurah Sawahluhur Basuni berharap, LRLA bisa mendorong kegiatan gotong royong. “Kalau semua warga terlibat, penataan lingkungan bisa berjalan lancar,” ujarnya. (rio/don)