Ilustrasi (Pixabay)

Berdasar penelitian terbaru, lebih dari 20 juta orang di Inggris tidak aktif secara fisik. Laporan yang dirilis British Heart Foundation itu menyoroti peningkatan penyakit jantung seiring enggannya masyarakat untuk berolahraga.

Salah seorang yang sudah merasakan pengaruh baik dari olahraga adalah Harriet Mulvaney. Mendapatkan serangan jantung pada usia 44 tahun, Mulvaney awalnya merasa dia sudah sangat sibuk dan aktif. Harinya penuh dengan pekerjaan, menyetir pulang pergi selama sejam setiap hari, dan duduk di kantor setidaknya delapan sampai 10 jam per hari. Namun, itu ternyata tidak bisa dikategorikan sebagai aktif secara fisik.

Dari guidelines pemerintah Inggris, seperti yang dilansir JawaPos.com, aktif secara fisik dikategorikan dalam 150 menit aktivitas fisik dengan intensitas menengah dalam sepekan atau 75 menit aerobic aktif setiap minggu, latihan kekuatan setidaknya dua hari dalam sepekan untuk melatih otot utama tubuh, dan selalu menyempatkan diri untuk berdiri dan bergerak di antara duduk lama. Aktivitas fisik itu sebaiknya dilakukan untuk mereka yang sudah berusia 16-64 tahun.

Dari saran tersebut, apa yang digolongkan sebagai aktivitas aerobic menengah? Bisa beraneka ragam. Seperti berjalan cepat, berenang, bersepeda santai dengan melewati beberapa tanjakan, tenis beregu, naik gunung, main bola voli, atau main basket.

Untuk aerobic aktif? Jogging atau berlari, berenang cepat, bersepeda dengan kecepatan maksimal, tenis single, football, rugby, lompat tali, hocky, senam, dan martial arts.

Bagaimana dengan latihan kekuatan otot? Angkat beban, berlatih dengan tali resisten, latihan dengan kekuatan tubuh seperti push-ups dan sit-ups, melakukan aktivitas berkebun seperti mencangkul. Serta yoga.(BBC/tia/JPG)