Semangat Gotong Royong Muncul Lagi

0
546 views

CIPOCOK JAYA – Gotong royong kembali menjadi agenda rutin warga Lingkungan Jeranak, RT 01 RW 02, Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Cipocok Jaya. Semangat warga menata lingkungannya ini untuk menghadapi Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020.

“Tadinya (gotong royong-red) sudah lama vakum. Alhamdulillah, sekarang warga kembali kompak dan mau gotong royong. Ya, semenjak RT kami ditujuk pak lurah untuk ikut LRLA, warga bersemangat untuk bersih-bersih lingkungan,” kata Ketua RT 01 Rohmat Sosiawan kepada Radar Banten, pekan kemarin.

Warga RT ini tidak hanya bahu-membahu membersihkan lingkungannya saja. Tetapi juga akan mempercantik lingkungannya sesuai konsep yang disepakati. “Dari rembuk bersama warga, kami mau mengubah lingkungan RT 01 menjadi lebih hijau dan berwarna. Biar suasana lingkungan terlihat lebih hidup,” tutur Rohmat.

Menurut Rohmat, pengurus RT 01 tidak berambisi meraih juara di LRLA 2020. Budaya gotong royong yang kembali tumbuh sudah membuat warga puas. “Kalau juara, mungkin tidak terlalu menjadi target kami. Membuat lingkungan menjadi resik dan asri serta rapi saja sudah cukup,” tandasnya.

Namun, saat ini, warga tidak bisa lagi leluasa bergotong royong. Mereka mengikuti anjuran pemerintah untuk menjaga jarak agar memutus penyebaran virus covid-19. “Sayang sekali sebenarnya, karena warga lagi semangat-semangatnya. Gara-gara corona, persiapan kami (menghadapi LRLA-red) terganggu. Tapi, insya Allah, setelah corona pergi, kami akan lanjutkan berbenah lingkungan,” tutur Rohmat.

Sementara itu, warga RT 01 Firmansyah mengaku, LRLA menjadikan warga di RT-nya kembali kompak. “Selain gotong royong, kami juga rutin menggelar ronda. Tapi, sekarang ini gotong royongnya libur dulu karena ada corona. Kalau ronda masih jalan,” ujarnya. (dre/don)