Sembilan Perguruan Tinggi Swasta Raih Akreditasi A

0
904 views
Ilustrasi.

JAKARTA – Ada sembilan perguruan tinggi swasta (PTS) di Indonesia yang berhasil mendapatkan akreditasi A. Bagi Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) Mohamad Nasir, pencapaian itu sangat menggembirakan. Sebab sebelumnya belum ada PTS yang mendapatkan akreditasi A dan hanya didominasi perguruan tinggi negeri (PTN).

“Sebanyak 22 perguruan tinggi negeri telah terakreditasi A pada 2016. Jumlah tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya lima PTN. ‎Dulu PTS malah tidak pernah dapat predikat itu, tapi di tahun ini ada sembilan PTS yang masuk akreditasi A. Ini luar biasa,” kata Nasir di Jakarta, Jumat (30/12), sebagaimana dilansir JPNN‎

‎Nasir menyampaikan, salah satu kriteria suatu perguruan tinggi baik PTN maupun PTS memperoleh akreditasi A adalah memiliki kualitas dosen yang terbaik, infrastruktur baik, perkembangan riset semakin baik pula

Adapun PTS yang mendapatkan akreditasi A, yaitu Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (UHAMKA) Jakarta, STIE Perbanas Surabaya, Akademi Kepolisian (Akpol), Universitas Bina Nusantara, Universitas Mercu Buana, Institut Teknologi Telkom Bandung, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, dan Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya.

Rektor UHAMKA Suyatno Landung mengucapkan terima kepada seluruh pihak yang ikut berperan serta sehingga kampus mendapatkan pengakuan itu.

“Alhamdulillah di milad ke-59 UHAMKA dan jelang tutup tahun Masehi, UHAMKA bisa mendapatkan penghargaan. Ini merupakan anugerah yang membanggakan kami segenap civitas UHAMKA. Insya Allah UHAMKA akan terus mengembangkan kualitas dalam semua bidang,” ujarnya.

Dia menambahkan, akhir bulan lalu UHAMKA juga meraih peringkat kedua PTS terbaik se-DKI dari 340 PTS. Dia berharap, prestasi-prestasi ini bisa menjadikan UHAMKA menjadi universitas utama yang menghasilkan lulusan unggul dalam kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, dan sosial. (JPNN)