Sembilan Tokoh Mendaftar di Demokrat

CILEGON – Penjaringan bakal calon walikota dan wakil walikota Cilegon sedang dilakukan DPC Partai Demokrat Kota Cilegon hingga 23 Desember 2019. Hingga kemarin, sudah ada sembilan tokoh yang mendaftar, yakni Reno Yanuar, Awab, Helldy Agustian, Iye Iman Rohiman, Ranta Soeharta, Faturohman Salim, Dede Rohana Putra, Alawi Mahmud, dan Ratu Ati Marliati

Ketua DPC Partai Demokrat Cilegon Rahmatulloh mengatakan, setelah menerima berkas formulir bakal calon walikota dan wakil walikota Cilegon, pihaknya akan menyampaikannya ke DPP melalui DPD Partai Demokrat Banten.

“Nanti rekomendasi dari DPP. Tapi, DPC juga biasanya dimintai pendapat. Peluang yang akan direkomendasikan itu nanti dari hasil survei dan intensifikasi komunikasi dengan Partai Demokrat, baik DPC atau DPP,” kata Rahmatulloh, usai menerima tim Ratu Ati Marliati yang mengambil formulir, kemarin.

Rencananya, pada awal 2020, DPC Partai Demokrat Kota Cilegon akan melakukan survei. Selanjutnya, pada pertengahan tahun juga akan kembali survei untuk mengukur konsistensi popularitas dan elektabilitas bakal calon. “Nanti yang direkomendasikan siapa? Tentu yang terbaik. Adapun komunikasi bisa dibangun mulai dari DPC, DPD hingga DPP,” tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris DPD Partai Golkar Cilegon Sutisna Abas mengatakan, Demokrat merupakan partai keempat yang dikunjungi Partai Golkar untuk membangun koalisi pada Pilkada 2020. Sebelumnya, tim Ati Marliati juga mendaftar ke Partai NasDem, PAN dan Gerindra.

“Kami optimistis Partai Demokrat bisa merekomendasikan Bu Ati untuk Pilkada Cilegon,” kata Sutisna.

Di sisi lain, Koordinator Relawan Alawi Mahmud (Real) Hikmatun Naser, juga optimistis Alawi Mahmud bisa mendapat rekomendasi DPP Partai Demokrat. “Pak Alawi mendaftar di Demokrat atas nama pribadi. Kami optimistis mendapat rekomendasi karena sama-sama ingin perubahan di Cilegon,” katanya ditemui di kantor DPC Partai Demokrat Cilegon, kemarin.

Diketahui, Partai Demokrat memiliki dua kursi di DPRD Kota Cilegon. Partai dengan logo bintang mercy itu perlu koalisi dengan partai atau gabungan partai yang memiliki enam kursi lagi bila hendak mengusung bakal calon walikota Cilegon. (brp-ibm/ira)