Sempat Dievakuasi, BPBD Klaim Wilayah Korban Luapan Sungai Ciujung Kondusif

0
495 views

SERANG – BPBD Kabupaten Serang mengklaim bahwa wilayah warga yang terdampak luapan Sungai Ciujung dinyatakan kondusif. Sebab wilayah korban banjir sudah surut dan debit air Sungai Ciujung sudah kembali normal.

“Warga di tiga Kampung di Desa Nagara sudah kembali ke rumahnya masing-masing, setelah sebelumnya 64 warga dievakuasi dan diungsikan di tenda yang disediakan BPBD Kabupaten Serang. Hal itu dikarenakan air sudah mulai surut,” ujar Shadat salah seorang personel piket Pusdalops BPBD Kabupaten Serang saat dikonfirmasi melalui pesan Whatsapp, Rabu (18/1).

Shadat menjelaskan, selain mendirikan tenda pengungsi, BPBD Kabupaten Serang pun mendistribusikan bantuan perahu karet, pelampung dan logistik. Selain BPBD Kabupaten Serang, warga Desa Nagara juga mendapatkan bantuan logistik dari PT Nikomas Gemilang.

Untuk diketahui, Selasa (17/1), banjir merendam dua Kecamatan di Kabupaten Serang yaitu di Kecamatan Kibin meliputi Desa Nagara Kampung Sindang RT 13/04, Kampung Pulo RT 01/01 dan Kampung Kramatjaya RT 12/03. Akibatnya sekitar 28 kepala keluarga dan 64 warga dievakuasi ke tenda pengungsi yang disediakan oleh BPBD Kabupaten Serang dikarenakan rumah mereka terendam air dengan ketinggian 40 hingga 60 sentimeter.

Begitu pun di Kecamatan Tirtayasa meliputi Kampung Tengkurak RT 09/03 sekitar 60 rumah terendam dengan ketinggian air 20 hingga 50 sentimeter, namun dikarenakan ketinggian air mulai surut status saat ini masih dinyatakan kondusif dan dalam pemantauan. (Ade F)