Sempat Kabur, Dua Pelaku Politik Uang di Ciruas Ditahan Polisi

0
409 views

SERANG – Dua pelaku politik uang dengan modus membagikan paket mie instan di Ciruas,  Kabupaten Serang pada Selasa (14/2) lalu, saat ini diamankan oleh pihak kepolisian dari Polda Banten. Kedua pelaku sempat kabur ke Bogor, Jawa Barat dan Wonosobo, Jawa Tengah.

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Banten Pramono U Tantowi menjelaskan, Tim Saber Politik Uang yang terdiri dari Bawaslu, KPU, Polda dan Kejati sepakat untuk melakukan penahanan terhadap pelaku. “Karena ancaman hukuman di atas lima tahun, 72 bulan maksimal. Penyidik dan Jaksa sudah sepakat melakukan penahanan,” ujar Pramono, Kamis (23/2).

Sebelumnya, kedua pelaku yaitu Rizal dan Dayat kabur dari Ciruas, Kabupaten Serang setelah Tim Saber Politik Uang melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) di kediaman yang disebut-sebut milik Rizal dengan barang bukti sejumlah paket mie dengan sticker salah satu pasangan Cagub-Cawagub.

Rizal melarikan diri ke Bogor, Jawa Barat dan diamankan pada Rabu (21/2), sedangkan Dayat melarikan diri ke Wonosobo, Jawa Tengah dan diamankan kemarin.

“Penyidik punya waktu 14 hari kerja untuk menyelesaikan penyidikan sebelum nanti dilimpahkan ke Kejaksaan,” papar Pramono. (Bayu)