Sempurna, Jerman Gulung Slovakia 3-0

Julian Draxler. (UEFA)
Julian Draxler. (UEFA)

JERMAN tampil sempurna kala menggulung Slovakia tiga gol tanpa balas pada babak 16-besar Euro 2016 di Villeneuve-d’Ascq, Minggu (27/6).

Ini bisa dibilang modal berharga jelang jumpa antara Italia dan Spanyol pada babak perempat final alias 8-besar.

Anak asuh Joachim Loew ini memang langsung menekan sejak menit awal. Mereka langsung melancarkan serangan sporadis ke pertahanan Slovakia.

Terbukti, laga baru berjalan delaoan menit, Jerman langsung unggul. Ialah Jerome Boateng yang sukses mencatatkan namanya di papan skor.

Berawal dari dari tendangan pojok yang disapu ke luar kotak penalti. Boateng yang melihat kesempatan itu langsung menendang bola lurus ke gawang Slovakia yang dijaga oleh kiper Slovakia Matus Kozacik.

Selang lima menit, Der Panzer berpeluang mendapatkan gol kedua setelah Mario Gomez dijatuhkan oleh Martin Skrtel di kotak terlarang. Namun, Mesut Oezil yang ditunjuk sebagai pengeksekutor, gagal karena sepakan kaki kirinya bisa dibaca oleh Kozacik.

Pada menit ke-24, Oezil tampaknya ingin menebus dosanya. Namun, dia gagal memanfaatkan bola liar lantaran sepakannya masih tipis di samping gawang.

Jerman terus menguasai laga. Pada menit ke-41, mereka hampir mendapatkan gol kedua melalui Julian Draxler. Mendapatkan bola jauh, tendangan Draxler hanya menyamping.

Dua menit kemudian, serangan demi serangan Jerman akhirnya berbuah. Kali ini melalui Mario Gomez yang sukses menjebol gawang Kozacik lewat aksinya pada menit ke-43.

Berawal dari aksi Draxler yang merangsek masuk ke kotak penalti Slovakia sebelum mengirim umpan tarik kepada Gomez.

Gol tersebut sekaligus mengakhiri paruh pertama. Usai turun minum, dominasi pemain Jerman kembali terlihat.

Pada menit ke-58, Draxler kembali mengancam. Sayang, dia harus dijatuhkan oleh Durica dan tak berbuah pelanggaran.

Der Panzer berhasil mencetak gol ketiganya pada pertandingan ini. Kali ini, gantian Draxler yang mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-60.

Memanfaatkan sepak pojok, bola mengenai pemain Slovakia dan mengarah kepada Draxler yang berdiri bebas di tiang jauh. Draxler kemudian melepaskan tendangan setengah voli yang tak mampu dihalau oleh Kozacik. Jerman memimpin 3-0.

Menit ke-77, Lukas Podolski hampir ikut-ikut mencetak gol. Namun, kerja samanya dengan Hector hanya mendarat ditangapan Kozacik.

Memasuki 10 menit terakhir, Jerman tampaknya sudah puas dengan keunggulan 3-0 ini. Serangan mereka tak lagi ngotot laiknya pada babak pertama.

Hingga peluit panjang ditiupkan, skor 3-0 tak berubah. Jerman kini tinggal menunggu lawan di babak 8-besar antara Italia vs Spanyol. (ies/JPG)

JERMAN (4-2-3-1): Neuer; Kimmich, Boateng (Howedes 72′), Hummels, Hector; Khedira (Schweinsteiger 84′), Kroos; Draxler (Podolski 72′), Ozil, Muller; Gomez.

SLOVAKIA (4-2-3-1): Kozacik; Pekarick, Skrtel, Durica, Gyomber ((Salata 84′); Kucka, Hrošovsky; Weiss (Gregus 46′), Hamsik, Skriniar; Duris (Sestak 64′).