Semua Rumah Warga RT 02 Sukabela Jadi Hijau

0
615 views

KASEMEN – Memasuki tahap akhir penataan, penghijauan telah menyasar semua rumah warga RT 02 RW 01, Lingkungan Sukabela, Kelurahan/Kecamatan Kasemen. Warga menggunakan pot untuk menanam tanaman hias dan bunga.

Kondisi ini terlihat ketika Lurah Kasemen Ahmadi dan Radar Banten mendatangiRT 02, Senin (10/8). Ada sekira 200 rumah yang didatangi, dari bagian depan hingga belakang kampung. Dan semuanya telah dilengkapi tanaman.

”Semua rumahnya kita pastikan sudah ada penghijauan,” tegas Ahmadi.

Ia mengaku, sengaja mendatangi RT 02 untuk mengecek persiapan kampung ini menghadapi penilaian tahap dua Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang, Agustus ini. Ahmadi juga ingin memastikan kekompakan warganya untuk mengikuti imbauannya atau tidak. Imbauan soal penghijauan itu dia sampaikan saat rapat bersama membahas persiapan LRLA. ”Alhamdulillah, ternyata terbukti, semuanya kompak,” tandasnya.

Ahmadi menjelaskan, penghijauan di setiap rumah itu dilakukan warga RT 02 secara mandiri. Warga menggunakan uang pribadinya untuk membeli tanaman hias dan bunga. Sebab, dana stimulan dari Pemkot Serang untuk biaya penataan lingkungan tiap RT peserta LRLA, sudah habis.

”Pokoknya, yang rumah di pinggir jalan atau yang di dalam gang ada penghijauan. Jenis tanaman yang mau ditanam, bebas. Sesuai keinginan tiap warga. Kan intinya mah itu, hijau, bersih dan aman,” tandas Ahmadi.

Ketua RT 02 M Safari menambahkan, sejak ada LRLA, kekompakan warganya muncul. Warga menyambut baik setiap kerja bakti dilaksanakan. Banyak warga yang berpartisipasi menyumbangkan tenaga atau materi. ”Insya Allah, kita siap menuju penilaian tahap dua,” tegasnya.

Namun, diakui Safari, masih ada yang kurang di RT-nya. Yakni, pembukuan hasil swadaya warga, dokumentasi kegiatan warga bergotong royong, serta buku mutasi tamu di pos ronda.

“Kami pastikan, semuanya sudah lengkap sebelum juri datang,” pungkasnya. (mg06/don)