Senam Lansia: Tingkatkan Prestasi atau Bertahan

0
98
Kontingen senam kebugaran lansia Banten tersenyum saat foto bersama jelang keberangkatan menuju Jakarta, Rabu (28/8) di kantor Dispora Banten.

SERANG – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banten turut ambil bagian dalam festival senam kebugaran lansia tingkat nasional yang digelar Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI. Kontingen Banten yang terdiri 15 peserta sudah dilepas menuju Jakarta.

Penglepasan kontingen berlangsung di aula Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Banten Jalan Syekh Nawawi Al-Bantani, KP3B, Kota Serang, Rabu (28/9). Dispora Banten berharap kontingen Banten bisa meningkatkan prestasi atau paling tidak mempertahankan prestasi yang sudah diraih.

Kepala Seksi (Kasi) Olahraga Rekreasi dan Industri Olahraga Yoyoh Juhaeriyah mengatakan, kontingen senam kebugaran lansia Banten terdiri dari 14 wanita dan seorang pria. Peserta tersebut rata-rata berusia 45 tahun hingga 70 tahun. Peserta dipilih melalui tahapan seleksi yang ketat.

“Mereka akan bersaing dengan peserta perwakilan provinsi di seluruh Indonesia. Senam kebugaran lansia tingkat nasional ini akan digelar di halaman kantor Kemenpora RI, Minggu (1/9),” kata Yoyoh, Kamis (29/8).

Mengenai persiapan yang telah dilakukan, Yoyoh menjelaskan, pembinaan sudah berlangsung sebelum Lebaran Idul Fitri 2019 lalu. Usai seleksi, peserta terpilih dibina dalam latihan rutin. Yoyoh berharap, hasil terbaik bisa digenggam kontingen Banten.

“Persiapan kontingen tidak terlalu lama, sejak bulan Ramadan lalu. Tapi karena mereka sudah terbiasa dengan senam kebugaran, jadi mereka cepat hafal dalam latihan. Harapan kami mudah-mudahan bisa membawa nama baik Banten, minimal bisa mempertahankan prestasi yang sudah dicapai 2015 lalu, yaitu juara tiga tingkat nasional,” ungkap Yoyoh.

Namun, di samping meraih juara, Yoyoh mengingatkan, pesan penting dalam keikutsertaan Banten ke festival olahraga itu ialah menjaga kebugaran tubuh hingga lanjut usia. Yoyoh mengajak bukan hanya kontingen Banten yang terampil senam kebugaran, tetapi juga seluruh masyarakat umum Banten lainnya.

“Tapi, tetap utamanya festival ini untuk mengajak masyarakat untuk terus berolahraga. Baik muda dan tua. Olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh,” kata Yoyoh. (rbs/nda/ira)