Senin Besok, Jaman dan Sulhi Pamitan

SERANG – Meskipun surat keputusan (SK) pemberhentian Tb Haerul Jaman dan Sulhi sebagai Walikota dan Wakil Walikota Serang belum turun dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), tetapi Pemkot Serang bakal menggelar acara pamitan untuk mereka pada apel di Puspemkot Serang, Senin (17/9). Apel kesadaran nasional itu merupakan apel kedinasan terakhir bagi pasangan yang memimpin Kota Serang sejak 2013 itu.

Asda I Pemkot Serang Nanang Saefudin mengungkapkan, hingga saat ini SK pemberhentian Jaman-Sulhi belum turun. “Pemprov Banten yang mengurus SK-nya melalui Biro Pemerintahan,” ujar Nanang melalui telepon seluler, Jumat (14/9).

Asda II Pemkot Serang Moch Poppy Nopriadi mengatakan, Senin (17/9) nanti, pemkot akan menghelat apel kesadaran nasional. Namun, apel Senin nanti akan berbeda dibandingkan dengan apel-apel sebelumnya. “Apel kali ini akan ditambah dengan proses purnabakti Pak Walikota dan Pak Wakil Walikota,” ungkapnya.

Dalam proses itu, pemkot akan menyerahkan plakat kepada keduanya sebagai bentuk penghargaan terhadap pengabdian Jaman-Sulhi memimpin Kota Serang sejak 2013 lalu.

Usai apel nanti, Poppy menuturkan, Jaman dan Sulhi akan bersalaman dengan seluruh pegawai Pemkot Serang sebagai bentuk pamitan meskipun SK pemberhentian keduanya belum turun. Namun, proses purnabakti itu dilakukan sebagai bentuk penghormatan.

“Datang dengan kehormatan dan pergi juga dengan kehormatan. Siapa pun nanti, itu akan menjadi tradisi di pemkot,” tutur mantan kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkot Serang itu.

Hanya saja, tambah Poppy, kegiatan itu hanya dikhususkan bagi para pegawai Pemkot Serang.

Diketahui, Jaman dan Sulhi dilantik menjadi Walikota dan Wakil Walikota Serang pada 5 Desember 2013 lalu. Masa bakti keduanya sebenarnya habis pada 5 Desember mendatang. Namun, keduanya memilih untuk mengajukan pengunduran diri karena mencalonkan diri sebagai anggota legislatif pada Pileg 2019 nanti. Jaman mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI dari Partai Golkar di Dapil Banten II. Sedangkan Sulhi mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Banten dari Perindo di Dapil Kota Serang. Keduanya mengusulkan berhenti tertanggal 20 September nanti, bertepatan dengan penetapan daftar calon tetap (DCT). (Rostinah/RBG)