SERANG – Senin (18/7) mulai masuk sekolah setelah libur Lebaran dan akhir semester. Orang tua dan anak-anaknya pekan ini mulai mempersiapkan peralatan sekolah, seperti buku, tas, sepatu, seragam baru, dan lainnya. Aktivitas di setiap toko buku dan toko yang menjual peralatan sekolah di Kota Serang pun ramai.

Mirna, Supervisor Toko Busu Tisera, mengatakan, awal Juni pembeli belum ramai, tapi usai Lebaran terjadi peningkatan. Diperkiraan puncak masyarakat memburu peralatan sekolah pada Sabtu dan Minggu (16-17/7). “Sabtu dan Minggu hari terakhir libur sekolah. Para orang tua biasanya kan libur untuk berjalan-jalan sekalian beli perlengkapan sekolah anak-anaknya,” katanya, Jumat (15/7).

Untuk jenis dan harga buku, lanjut dia, satu pak (10) buku dari Sinar Dunia (Sidu) isi 38 lembar Rp 20.900, Al Gold Rp 19.900, Al Big Book 42 lembar Rp 33.500, Sidu Big Book 42 lembar Rp. 37.900.

Dari semua buku yang dijual, mayarakat lebih memilih buku yang dibandrol dengan harga murah, kisaran harga Rp 20 ribu per pak. Sementara untuk keperluan peralatan sekolah lainnya, seperti tempat pensil, tas, dan lainnya. “Kalau selain buku kita masih jual seperti harga biasanya, cuma buku saja yang kuta diskon besar-besaran,” ungkapnya.

Di sepanjang Jalan SA Tirtayasa, Royal, juga berjejer pedagang buku tulis musiman. Mereka menawarkan beragam jenis buku dan peralatan tulis dengan harga murah. Begitu pula di Pasar Induk Rau, banyak pedagang buku musiman. Misalnya, toko yang biasa menjual pakaian, di depan tokonya di jual buku tulis dan perlengkapan sekolah. (Wirda)