SERANG – Dinas Perindustrian Kabupaten Serang merencanakan adanya desa wisata di Provinsi Banten demi mendorong sektor pariwisata di Provinsi Banten.
Kepala Bidang Pembinaan Industri Dinas Perindustrian Kabupaten Serang Hudan Basyarudin mengatakan, salah satu yang akan dibangun menjadi salah satu kawasan desa wisata yaitu kawasan Gerabah Bumi Jaya yang terletak di Ciruas Kabupaten Serang.
“Rencananya kami akan bangun desa wisata di kawasan itu, namun karena kawasan tersebut harus banyak perubahan mulai dari struktur jalan, lingkungan, dan penghijauan, penyediaan sarana kesehatan, kebersihan, dan sistem drainase,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (15/3).
 
Masih kata dia, selain perubahan lingkungan, desa wisata juga harus didukung adanya saresehan, lokakarya serta dukungan para pihak terkait baik tokoh masyakat, budayawan, seniman Dinas perindustrian, Pariwisata, Pekerjaan Umum dan kesehatan.
 
Kita merancang dari awal bagaimana blok- blok yang akan kita inginkan disana baru pembenahan lingkungan,” ujarnya.
Sementara itu, saat ini Industri Kecil Menengah (IKM) sejumlah 8.600 industri dan Industri Besar sejumlah 630 industri.
“Selama ini bidang perindustrian lebih fokus membina Industri Kecil Menengah dan Besar karena IKM ini boleh dikatakan sebagai pilar penting penopang perekonomian suatu daerah, kami juha rutin adakan pelatihan untuk meningkatkan mutu dan kita datangkan dari berbagai ahli di bidangnya,” ungkapnya. (Wirda)