Sepak Bola Veteran: Delapan Tim Perebutkan Piala Walikota

Pengurus Askot PSSI Kota Cilegon menggelar technical meeting (TM) turnamen Piala Walikota Cilegon tahun 2019, di Sekretariat Askot PSSI Kota Cilegon, Kamis (25/4).

CILEGON – Piala Walikota Cilegon digelar Minggu (28/4) dan Rabu
(1/5). Delapan tim akan bersaing pada turnamen sepak bola yang digelar untuk
usia 40 tahun ke atas itu.

Delapan tim tersebut adalah perwakilan masing-masing kecamatan di Kota Cilegon. Kemarin (25/4), technical meeting (TM) digelar di Sekretariat Asosiasi Kota (Askot) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Kota Cilegon. Delapan asosiasi kecamatan (Ascam) PSSI Kota Cilegon yang mewakili tim hadir. Disepakati, turnamen yang digelar dalam rangka hari jadi Kota Cilegon ke-20 itu menggunakan sistem gugur.

“Turnamen Piala Walikota Cilegon ini akan dilangsungkan selama dua hari, pada Minggu dan Rabu (1/5). Karena tujuannya untuk mempererat silaturahim, maka pesertanya untuk usia 40 tahun ke atas,” kata Ketua Bidang Kompetisi Askot PSSI Kota Cilegon Pamuji Yudha Wasana.

Berdasarkan undian, pada babak penyisihan tim Cibeber akan menghadapi Pulomerak, Cilegon melawan Jombang, Purwakarta bertemu Grogol, dan Ciwandan akan menghadapi Citangkil.

Drawing sudah kami laksanakan dan peserta telah menyetujui. Kami tinggal menggelar pertandingan yang menggunakan sistem gugur ini di Stadion Krakatau Steel,” jelas Pamuji.

Panitia menetapkan atlet yang bertanding harus merupakan warga kecamatan yang dibuktikan dengan dokumen asli. Atlet juga diwajibkan bersikap sopan dan mengenakan seragam rapi. Peserta yang melanggar akan dijatuhi sanksi.

“Aturan telah kami paparkan dan perwakilan telah mendengarkan aturan jadi tidak ada alasan. Untuk waktu pertandingannya, setiap tim akan bermain 2×30 menit,” ungkap Pamuji.

Pamuji berharap, turnamen ini bisa membangkitkan gairah persepakbolaan di Kota Cilegon, terutama kalangan anak muda. “Kami ingin memasyarakatkan sepak bola dari usia dini sampai usia mampu, usia yang masih bisa bermain sepak bola. Untuk memotivasi masyarakat agar berkembang sebaik mungkin,” kata Pamuji.

Sementara itu, Ketua Ascam Citangkil Ahmad Zaini optimistis timnya mampu mempertahankan gelar juara umum seperti yang diraih saat turnamen 2018 lalu. “Semoga Citangkil bisa kembali juara. Persiapan tim kami sudah matang dan siap bertanding. Kami sudah rutin berlatih setiap Sabtu,” kata Zaini, yang menjabat sebagai ketua Old Star Kecamatan Citangkil. (rbs/nda/ira)